MEDIAJURNAL » Nasional » Yusril Ihza Mahendra Nyatakan Dalil Gugatan Prabowo Bisa Jadi Benar

Yusril Ihza Mahendra Nyatakan Dalil Gugatan Prabowo Bisa Jadi Benar

Written by on |
Yusril Ihza Mahendra

Yusril Ihza Mahendra / yusrilihzamahendra.com

Sidang sengketa pilpres di MK yang berlangsung hari ini, Jumat (15/8/2014) Kubu Prabowo menghadirkan Yusril Ihza Mahendra sebagai saksi ahli. Dalam kesaksianya Yusril menyatakan bahwa dalil Prabowo dalam melakukan gugatan ke MK bisa jadi benar hanya saja tak cukup waktu bagi mahkamah untuk membuktikan.

“Mungkin saja pernyataan (dalil gugatan) Pak Prabowo itu benar, tapi tidak cukup waktu untuk mengungkapnya,” ujar Yusril di MK Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta, dilansir dari detik.com, Jumat (15/8/2014).

Menurut Yusril, waktu 15 hari yang dimiliki oleh MK untuk membuktikan gugatan pilpres yang diajukan oleh Prabowo dengan dalil permohonan ‘terstruktur, sistematis dan masif’ yang harus terpenuhi itu sulit.

Advertisements

“Itu yurispredensi yang sudah dibangun oleh MK, apakah itu bisa dibuktikan atau tidak, Itu tadi berdasarkan fakta-fakta yang terungkap dalam persidangan ini, mungkin benar mungkin tidak benar. Mungkin benar tapi kesempatannya terbatas,” jelasnya

Yusril menekankan bahwa konstitusionalitas pemilu lebih perlu dikritisi daripada hasil pemilu berupa atau perolehan suara. “Seperti mahkamah konstitusi Thailand, dalam pemilu terakhir itu dinyatakan inkonstitusional dan ilegal dan hasil pemilu dibatalkan,” kata Yusril.

Dalam kesaksianya siang tadi yusril juga mendukung pernyataan ahli hukum tata negara Margarito Kamis yang menyatakan MK jangan Terjebak Jadi Lembaga Kalkulator yang hanya terpaku pada penghitungan suara. “Kalau hanya soal penghitungan suara, ya seperti kata Pak Margarito, MK jadi lembaga kalkulator,” pungkasnya.

Related Posts.

Berikan Komentar