MEDIAJURNAL » Bisnis » SBY Buat Jebakan Untuk Pemerintah Jokowi, PDIP Ingin Harga BBM Naik

SBY Buat Jebakan Untuk Pemerintah Jokowi, PDIP Ingin Harga BBM Naik

Written by on |
Petugas SPBU Cantik

Petugas SPBU Cantik / Tempo.co

Seiring dengan semakin membengkaknya alokasi anggaran untuk subsidi energi, wacana untuk menaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) kembali mengemuka. Para akademisi, ekonom, pengusaha menyarankan pemerintah untuk segera menaikan harga BBM.

Namun pemerintahan SBY yang masa baktinya akan segera selesai enggan untuk menaikan harga BBM, keengganan SBY untuk menaikan harga BBM menurut sebagaian pengamat merupakan jebakan untuk pemerintah baru kedepan, yaitu pemerintahan presiden Jokowi.

Dolfie O.F Palit, politisi PDIP menuduh SBY sengaja membuat Rancangan APBN (RAPBN) 2015 disusun dengan tidak menyisakan ruang fiskal cukup agar pemerintah Jokowi saat memerintah nanti mau tidak mau harus menaikan harga BBM.

Advertisements

“Nampaknya RAPBN ini didesain oleh pemerintahan SBY agar pemerintahan baru menaikkan harga BBM subsidi. Enggak fair dong,” kata Dolfie O.F Palit, dilansir dari merdeka.com, Sabtu (23/8/2014).

Akibat adanya carry over subsidi PT Pertamina, termasuk untuk elpiji 3 kg, Pemerintahan SBY mewariskan subsidi BBM yang membengkak hingga Rp 363,5 triliun, dari total subsidi sebesar Rp 433,5 triliun, tentu saja hal ini akan menjadi masalah tersendiri bagi pemerintahan Jokowi nanti.

SBY juga diprediksi oleh Dolfie O.F Palit akan gagal mengendalikan konsumsi volume 46 juta kilo liter subsidi BBM, oleh karena itu dia bersama partainya PDI-P bakal meminta Presiden SBY untuk segera menaikan harga BBM. “Kalau volumenya 46 juta KL dan jebol ya harus menyesuaikan harga BBM,” katanya.

Bila berkaca ke belakang apa yang dilakukan oleh PDIP ini bertolak belakang dengan apa yang dilakukan partai banteng tersebut selama beberapa tahun belakangan yang selalu menolak setiap rencana kenaikan BBM oleh pemerintah SBY. Setiap ada isu atau wacana kenaikan harga BBM oleh pemerintahan SBY saat itu PDIP menjadi partai yang bersuara lantang untuk menolaknya.

Related Posts.

Berikan Komentar