MEDIAJURNAL » Bisnis » Satelit BRIsat Milik Bank BRI Dioperasikan 53 Putra-Putri Indonesia

Satelit BRIsat Milik Bank BRI Dioperasikan 53 Putra-Putri Indonesia

Written by on |
Satelit BRIsat

Satelit BRIsat / Sindonews.com

10 Juni 2016 mendatang, PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) akan menjadi bank pertama di dunia yang mempunyai satelit sendiri. Pada hari tersebut, satelit milik BRI, satelit BRIsat, akan diluncurkan ke angkasa. Lebih membanggakan lagi, satelit BRIsat nanti akan dioperasikan oleh putra-putri Indonesia.

“Kita menghitung hari, tinggal 9 hari karena pada 9 Juni tonggak sejarah baru enggak hanya di Indonesia tapi di dunia. Lebih membanggakan, dioperasikan putra-putri terbaik bangsa jadi semua operasi BRIsat ini digunakan dan dioperasikan putra-putra Indonesia,” kata Asmawi Syam, Direktur Utama BRI, Selasa, 31 Mei 2016.

Satelit BRIsat akan diluncurkan dari Guiana Space Centre yang berlokasi di Guyana Perancis. Satelit tersebut akan dibawa oleh roket Ariane V milik Arianespace, perusahaan komersial peluncuran roket milik pemerintah Perancis. Ketika sudah mengorbit, satelit BRIsat bakal dioperasikan oleh oleh 53 orang dari Ground Station di Ragunan.

Advertisements

“Seluruh persiapan selesai semua, operasional satelit kita punya Ground Station di Ragunan sudah selesai. SDM 53 orang kita siapkan untuk operasikan ini kelola 45 transponder yang ada,” terang Asmawi, dikutip dari Sindonews.com, Rabu, 1 Juni 2016.

Satelit BRIsat akan mengorbit di titik koordinat 150,5 lintang timur di atas tanah Papua. Satelit BRIsat sendiri dibuat oleh SSL (Space Systems Loral), produsen satelit yang berlokasi di Palo Alto, California, Amerika Serikat. Bila tidak ada halangan, saat sahur hari kedua bulan Ramadan nanti, satelit BRIsat akan meluncur.

“Hari ini ada campaign launching untuk lakukan integrasi peluncuran dan selanjutnya diluncurkan di Guyana Perancis 8 Juni sore hari (waktu setempat), di Indonesia tanggal 9 Juni waktu dini hari atau saat sahur hari kedua bulan Puasa,” tandasnya.

Related Posts.

Leave a Reply