MEDIAJURNAL » Dunia » Said Kouachi dan Cherif Kouachi, Penyerang Kantor Charlie Hebdo Tewas

Said Kouachi dan Cherif Kouachi, Penyerang Kantor Charlie Hebdo Tewas

Written by on |
Said Kouachi dan Cherif Kouachi

Said Kouachi dan Cherif Kouachi / Raquel Duva

Said Kouachi dan Cherif Kouachi, dua bersaudara penyerang Majalah Charlie Hebdo akhirnya tewas diberondong peluru aparat keamanan Perancis pada Jumat (9/1/2015), di sebuah gudang percetakan yang berlokasi di Dammartin-en-goele, Perancis.

Sebelum terjadi baku tembak antara Kouachi bersaudara dengan polisi Perancis, kedua tersangka menyandera beberapa karyawan gudang percetakan tersebut. Bahkan keduanya sempat mengirim salah seorang sandera untuk bernegosiasi dengan aparat keamanan yang telah mengepung mereka.

Mengutip dari Reuters, Sabtu (9/1/2015), Said Kouachi dan Cherif Kouachi menolak keras untuk menyerahkan diri mereka ke polisi. keduanya lebih memilih untuk mati sebagai martir daripada harus ditangkap hidup-hidup oleh polisi.

Advertisements

Pierre-Henry Brandet, Juru bicara Kementerian Dalam Negeri Prancis sempat berujar bahwa prioritas utama dalam pengepungan tersebut adalah menyelematkan seluruh sandera. Polisi berinisiatif melakukan serangan ketika Said Kouachi dan Cherif Kouachi sedang berdoa, saat dimana keduanya lengah.

Serangan cepat polisi pun berhasil, Said Kouachi dan Cherif Kouachi tersungkur tewas terkana timah panas petugas polisi Perancis. Lilian (27), seorang desainer grafis di gudang percetakan itu mengaku selama baku tembak dirinya bersembunyi di lantai pertama.

Bahkan Lilian sempet mengirim sebuah pesan SMS ke ayahnya yang berbunyi. “Saya bersembunyi di lantai pertama. Saya pikir mereka membunuh semua orang. Kasih tahu ke polisi untuk campur tangan,” tulis Lilian dalam SMSnya.

Dalam pengepungan itu sendiri, otoritas keamanan Perancis mengerahkan setidaknya 9000 personil keamanan. Wilayah Dammartin-en-goele ketika pengepungan berlangsung sudah disterilkan oleh polisi, tidak ada satu pun warga sipil yang boleh keluar rumah.

Related Posts.

Berikan Komentar