MEDIAJURNAL » Bisnis » Ridwan Kamil Pastikan UMK Bandung Tahun 2016 Akan Naik 14,5 Persen

Ridwan Kamil Pastikan UMK Bandung Tahun 2016 Akan Naik 14,5 Persen

Written by on |
Ridwan Kamil

Ridwan Kamil / Youtube.com

Kabar gembira untuk anda warga Kota Bandung atau orang yang bekerja di Kota Bandung. Ridwan Kamil, Wali Kota Bandung, baru saja memastikan kenaikan Upah Minimum Kota (UMK) Bandung sebesar 14,5 persen dari nilai UMK tahun ini sebesar Rp 2.310.000.

Ditemui di Gedung DPRD Kota Bandung, Jalan Sukabumi, Senin, 16 November 2015, Ridwan mengatakan, kenaikan UMK Kota Bandung sebesar 14,5 persen tersebut telah disepakati oleh pengusaha dan juga para buruh. “Jadi hari ini sudah saya tandatangani. Naiknya 14,5 persen,” kata Ridwan, dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 18 November 2015.

Penetapan UMK Kota Bandung tersebut, lanjut Ridwan, masih mengacu pada PP Nomor 78 Tahun 2015 tentang pengupahan. Hanya saja, untuk angka inflasi dan Laju Pertumbuhan Ekonomi (LPE) yang dipakai mengacu kepada daerah, dengan alasan perbedaan situasi ekonomi di setiap daerah.

Advertisements

“Jadi Kota Bandung keputusannya menggunakan PP pengupahan tapi angka inflasi dan LPE bukan nasional tapi lokal. Karena menurut pertimbangan saya situasi ekonomi tiap kota itu berbeda. Rumusnya boleh sama tapi input angkanya tidak boleh sama karena situasinya berbeda. Itulah yang kami sepakati dengan SP buruh, ” terang Ridwan.

Meski telah memastikan dan menandatangani kenaikan UMK Kota Bandung sebesar 14,5 persen, namun Ridwan mengaku tidak tahu angka pasti atau hitungan rinci dari kenaikan tersebut. “Pak kadis yang hafal,” tandasnya.

Related Posts.

Leave a Reply