MEDIAJURNAL » Dunia » Rekor Rubik Tercepat Kini Milik Lucas Etter, Anak 14 Tahun Asal Amerika

Rekor Rubik Tercepat Kini Milik Lucas Etter, Anak 14 Tahun Asal Amerika

Written by on |
Lucas Etter

Lucas Etter / Youtube

Rekor dunia menyelesaikan kubus rubik berukuran 3×3 baru saja dipecahkan oleh Lucas Etter, remaja 14 tahun asal Lexington, Kentucky, Amerika Serikat. Lucas mencatatkan waktu 4,90 detik dalam kejuaraan rubik yang berlansung di Clarksville, Maryland, Sabtu, 21 November 2015.

Dengan catatan waktu tersebut, Lucas Etter berhasil mengalahkan rekor sebelumnya, 5,25 detik, yang dibuat oleh Collin Burns, remaja asal Pennsylvania pada April 2015 silam di Doylestowns. Menariknya, rekor Collin tersebut juga sempat dipecahkan oleh Keaton Ellis, dengan catatan waktu 5,02 detik, sehari sebelum rekor lucas tercipta, di ajang yang sama.

Bagi Lucas, ini merupakan rekor keduanya di kompetisi menyelesaikan kubus rubik. Tahun 2014 silam, dia juga memecahkan rekor rubik berukuran 2×2 dengan catatan waktu 1,69 detik. Dalam kejuaraan rubik, rubik yang akan diselesaikan diacak oleh komputer, lalu peserta diberikan kesempatan selama 15 detik untuk melihat acakan rubiknya sebelum dia mulai menyelesaikannya.

Advertisements

Rekor menyelesaikan kubus rubik berukuran 3×3 pertama kali tercatat pada tahun 1982. Adalah pria asal Jerman bernama Ronald Brinkman, orang pertama yang tercatat sebagai pemegang rekor menyelesaikan rubik tercepat dengan catatan waktu 19 detik.

Rekor tersebut pada tahun yang sama berhasil dipecahkan oleh Robert Pergl dari Cekoslovakia dengan catatan waktu 17.02 detik. Hampir 20 tahun bertahan, rekor Robert berhasil dipecahkan pada tahun 2003 oleh Dan Knights, pria asal Amerika Serikat dengan catatan waktu 16,71 detik.

Sejak tahun 2003 hingga sekarang, rekor rubik telah dipecahkan lebih dari sepuluh kali oleh beberapa pemain rubik terkenal seperti Shotaro Makisumi, Thibaut Jacquinot, Ron van Bruchem, hingga Feliks Zemdegs, orang pertama yang bisa menyelesaikan rubik di bawah 6 detik.

Related Posts.

Leave a Reply