MEDIAJURNAL » Dunia » Ratu Kecantikan Irak 2015 Shaima Qassem Tidak Takut pada Apapun

Ratu Kecantikan Irak 2015 Shaima Qassem Tidak Takut pada Apapun

Written by on |
Shaima Qassem, Miss Iraq 2015

Shaima Qassem / angelopedia.com

Baru-baru ini sebuah kontes kecantikan sekelas Putri/Miss Indonesia diselenggarakan di Irak. Kontes tersebut menjadi hal yang tidak lazim karena Irak dikenal sebagai negara yang sangat ketat dalam memberlakukan hukum Islam. Kontes serupa terakhir kali digelar di negara tersebut pada tahun 1972 silam.

Dalam kontes kecantikan tersebut, wanita bernama Shaima Qassem Abdulrahman dinobatkan sebagai pemegang mahkota Miss Iraq 2015. Meski ajang tersebut telah berhasil digelar dengan aman, namun kontes itu sempat mendapat kecaman serta ancama dari beberapa komunitas dan aktivis Muslim ekstrem Irak.

Sang pemenang, Shaima Qassem, menilai kecaman yang dilontarkan oleh beberapa komunitas dan aktivis Muslim ekstrem Irak tidak tepat lantaran kontes tersebut hakikatnya tidak untuk merendahkan wanita. Kontes tersebut, menurut Shaima, menegaskan bahwa kedudukan wanita dan pria itu sama.

Advertisements

“Saya ingin membuktikan bahwa wanita Irak memiliki tempat yang layak di lingkungan sosial. Wanita Irak memiliki hak yang sama dengan pria,” ujar Shaima, dikutip dari NBC News, Sabtu, 26 Desember 2015.

Bermodal dengan keyakinan seperti itu, Shaima mengaku tidak takut dengan ancaman-ancaman yang datang kepada dirinya dari komunitas dan aktivis Muslim ekstrem Irak. “Saya tidak takut pada apa pun. Saya percaya bahwa apa yang saya lakukan tidak salah,” tegasnya.

Hal senada juga diungkapkan oleh Senan Kamel, juru bicara penyelenggara kontes kecantikan tersebut. Senan menyebut kontes kecantikan bisa membuka mata dunia bahwa negara Irak tidak sepenuhnya hancur karena perang.

“Banyak indikasi yang mencerminkan bahwa Irak sudah hancur lebur. Namun, kontes seperti memberikan harapan hidup di Irak,” ujar Senan.

Related Posts.

Leave a Reply