MEDIAJURNAL » Bisnis » Raja Ampat dan Pulau Komodo Jadi Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

Raja Ampat dan Pulau Komodo Jadi Tempat Snorkeling Terbaik di Dunia

Written by on |
Raja Ampat Papua Barat

Raja Ampat / pegipegi.com

Ketika banyak orang bilang surga dunia itu ada di Indonesia, sepertinya perkataan orang tersebut tidak salah. Dua destinasi wisata Nusantara, Raja Ampat di Papua Barat dan Taman Nasional Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur, baru saja dinobatkan sebagai Worlds Best Snorkeling Destination atau destinasi snorkeling terbaik dunia.

Penghargaan itu didapatkan berdasar survei CNN tahun 2015 lalu, dimana Raja Ampat dan Pulau Komodo berturut-turut menduduki peringkat satu dan dua. “Indonesia sekaligus menempatkan dua destinasi, yakni Raja Ampat di urutan pertama dan Taman Nasional Pulau Komodo di urutan kedua,” kata Menteri Pariwisata Arief Yahya di Jakarta, Minggu, 3 Januari 2016.

Raja Ampat dan Pulau Komodo berhasil mengalahkan Kepulauan Galapagos di Ekuador yang dikenal sejak dulu sebagai destinasi snorkeling terbaik. Peringkat ke-4 hingga ke-11 di daftar tersebut adalah; Coral Triangles di Asia Pasifik, Filipina, Silver Bank Republik Dominika, Palau di Micronesia, Greet Barrier Reef di Australia, Pulau Solomon, Isla Holbox di Mexico, dan Kealakekua Bay di Big Island, Hawaii.

Advertisements

Arief Yahya menyebut prestasi yang diraih Raja Ampat dan Pulau Komodo tidak lain karena promosi gencar yang dilakukan pemerintah Indonesia dalam beberapa tahun ini. “Promosi gencar yang kita lakukan telah mulai membuahkan hasil,” ujarnya, dikutip dari Tempo.co, Selasa, 5 Januari 2015.

Wonderfull Indonesia, sebagai manajemen merek baru pariwisata Indonesia, juga terangkat oleh semakin dikenalnya beberapa destinasi wisata di tanah air belakangan ini. Bahkan dalam hal branding, lanjut Yahya, Indonesia telah berhasil mengalahkan dua negara tetangganya, Thailand dan Malaysia.

“Branding Wonderful Indonesia, yang tadinya tidak ada rankingnya, pada 2015 melesat 100 peringkat menjadi ranking 47, mengalahkan Amazing Thailand ranking 83, dan yang memuaskan mengalahkan branding Truly Asia Malaysia yang hanya ranking 96,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply