MEDIAJURNAL » Nasional » Provinsi Madura Bisa Terwujud Bila Kotamadya Bangkalan Juga Dibentuk

Provinsi Madura Bisa Terwujud Bila Kotamadya Bangkalan Juga Dibentuk

Written by on |
Karapan Sapi Madura

Karapan Sapi Madura / Merdeka.com

Wacana pembentukan Provinsi Madura yang mengemuka dalam beberapa minggu ini mendapat dukungan dari Anggota DPR RI asal Jawa Timur, Moh. Nizar Zahro. Nizar ingin pembentukan Provinsi Madura sesuai dengan UU Nomor 2 Tahun 2015 tentang Pemerintah Daerah.

“Saya sangat setuju Madura menjadi provinsi dan sangat mendukung bilamana syarat yang di atur di dalam perundang-undangan sudah dipenuhi,” kata Moh. Nizar Zahro, Minggu, 15 November 2015.

Wakil rakyat dari dapil Jawa Timur XI (Bangkalan, Sampang, Pamekasan, Sumenep) melihat Madura masih mempunya satu pekerjaan rumah (PR) lagi yang harus diselesaikan bila ingin menjadi Provinsi, yakni masih kurangnya jumlah kabupaten sebagai syarat menjadi provinsi.

Advertisements

Seperti dikethui, UU menyatakan syarat fisik untuk pembentukan sebuah provinsi meliputi paling sedikit 5 (lima) kabupaten/kota. Sementara, Madura saat ini hanya mempunyai 4 Kabupaten saja, yaitu Bangkalan, Sampang, Pamekasan, dan Sumenep.

“Hanya satu syarat yang belum bisa di penuhi yaitu syarat fisik karena pembentukan provinsi paling sedikit 5 kabupaten/kota padahal sudah kita ketahui Madura terdiri dari 4 kabupaten,” terangnya, dikutip dari JPNN, Senin, 16 November 2015.

Politisi yang juga Ketua DPP Gerindra itu menilai PR yang belum terselesaikan itu bisa diatasi dengan cara membentuk Kotamadya Bangkalan. Menurutnya, Kotamadya Bangkalan bisa terbentuk dari kecamatan Kwanyar, kecamatan Labang, kecamatan Kamal dan kecamatan Tragah.

Moh. Nizar Zahro berharap DPRD dan Bupati Bangkalan bisa mendukung ide pembentukan Kotamadya Bangkalan itu sehingga Syarat Madura menjadi provinsi bisa terpenuhi. “Namun pemikiran ini harus juga didukung oleh kabupaten induk yang mau dimekarkan. Untuk syarat lainnya menuju Provinsi Madura tidak menjadi masalah karena sudah mencukupi,” tandasnya.

Related Posts.

Leave a Reply