MEDIAJURNAL » Nasional » PNS Ikut Kampanye Pilkada Serentak 2015, Bersiaplah Untuk Dipecat!

PNS Ikut Kampanye Pilkada Serentak 2015, Bersiaplah Untuk Dipecat!

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Mencegah Pegawai Negeri Sipil (PNS) turut serta dalam kampanye Pilkada yang akan dilakukan serentak pada akhir tahun 2015 ini, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenpanRB), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu), Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) menandatangani MoU Netralitas PNS, di kantor KemenpanRB, Jumat, 2 Oktober 2015.

Yuddy Chrisnandi, Menteri KemenPAN-RB, menjelaskan bahwa pihaknya akan berkoordinasi dengan Kemendagri dan Komisi ASN untuk mengawasi serta memberikan sanksi pada PNS yang turut serta dalam kampanye pilkada. “Kami sudah mengeluarkan surat edaran yang berkoordinasi bersama Kemendagri dan Komisi ASN yang intinya tidak segan menjatuhkan sanksi berat pada pejabat ASN dan jajarannya yang terlibat pilkada serentak,” ujar Yuddy, dikutip dari Okezone.com, Sabtu, 3 Oktober 2015.

Selain dilarang kerasĀ untuk ikut dalam kampanye pada pilkada 2015, PNS juga diharamkan menggunakan aset-aset yang dipinjamkan oleh pemerintah untuk digunakan dalam kegiatan pilkada. “Kami larang mereka terlibat seperti misalnya kampanye termasuk juga larangan penggunaan aset pemerintah dalam pilkada serentak. Hukumannya nanti sedang sampai berat,” terangnya.

Advertisements

MoU Netralitas PNS, menurut Yuddy, adalah bentuk dari keseriusan pemerintah Presiden Joko Widodo dalam mewujudkan revolusi mental di lingkungan pemerintah, seperi yang presiden cita-citakan selama ini. “MoU ini adalah bentuk keseriusan pemerintah untuk melakukan revolusi mental ASN agar bersikap netral dan menjaga profesionalismenya,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply