MEDIAJURNAL » Sosial » Pilot AirAsia QZ8501 Kapten Iriyanto Pernah Piloti Jet Tempur F-5 Tiger

Pilot AirAsia QZ8501 Kapten Iriyanto Pernah Piloti Jet Tempur F-5 Tiger

Written by on |
Pesawat Tempur F-5 Tiger II Indonesia

Pesawat Tempur F-5 Tiger II Indonesia / indoflyer.net

Hilangnya pesawat AirAsia QZ 8501 sejak Minggu (28/12/2014) kemarin mengundang keprihatinan dari banyak pihak, salah satunya adalah Komandan Lanud Adisucipto Yogyakarta Marsekal Pertama TNI AU Yadi Indrayadi Sutanandika, sahabat dari Kapten Iriyanto, pilot pesawat AirAsia QZ 8501.

Yadi mengatakan, Kapten Iriyanto adalah seniornya di sekolah penerbangan Akademi Angkatan Udara (AAU) Adisucipto Yogyakarta. Kapten Iriyanto adalah pilot angkatan 30 di AAU Adisucipto sedangkan Yadi pilot angkatan 36.

“Mas Ir (Iriyanto) itu kakak angkatan saya saat sekolah penerbangan,” ujar Yadi, kepada wartawan, di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea Cukai (KPPBC) Tipe B Yogyakarta, Senin (29/12/2014).

Advertisements

Menurut Yadi, Kapten Iriyanto pernah menjadi seorang pilot pesawat tempur F-5 Tiger II dan juga instruktur penerbangan saat masih berdinas di TNI AU. Dari tahun 1988 hingga 1992, Iriyanto dan Yadi sama-sama bertugas di Skuadron 14 Lanud Iswahjudi Madiun, Jawa Timur.

“Beliau pernah jadi instruktur di Lanud Adisucipto, beliau juga pernah mengendalikan pesawat tempur sebelum pensiun dini, Kalau tidak salah Mas Ir itu tahun 1993 sudah tidak pegang F-5 (pesawat tempur). Setelah itu pensiun dini untuk berkarir” terang Yadi, dikutip Sindo News, Senin (29/12/2014).

Saking dekatnya, Yadi bahkan mengaku mengenal ayah dari Iriyanto yang merupakan mantan tehnisi pesawat di Skadron Pendidikan 101 Lanud Adisutjipto. Sayang saat Yadi mencoba berkunjung ke rumah orang tua Iriyanto, sang ayah telah pergi ke Sidoarjo, Jawa Timur, rumah dari kapten Iriyanto.

“Ayah beliau seorang purnawiran teknisi 101, kita datangi kemarin kerumahnya. Tapi, sudah berangkat ke Jawa Timur, karena tempat tinggal Mas Ir (Iriyanto) di sana,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply