MEDIAJURNAL » Sosial » Pesawat R80 Buatan Habibie Siap Terbang Perdana dari Bandara Kertajati

Pesawat R80 Buatan Habibie Siap Terbang Perdana dari Bandara Kertajati

Written by on |
Habibie dan Regio Prop 80

Habibie dan Regio Prop 80 / detik.com

PT Ilthabi Rekatama bekerjasama dengan PT Dirgantara Indonesia saat ini sedang membuat sebuah pesawat yang dirancang oleh Bacharuddin Jusuf Habibie, Pesawat rancangan Presiden Indonesia ketiga itu diberi nama Regio Prop 80 atau R80.

Menurut Habibie, pesawat Regio Prop 80 adalah versi  penyempurnaan dari pesawat N250, pesawat yang juga dirancang Habibie pada era tahun 90an dan  sempat berjaya. Habibie menjelaskan bahwa pesawat Regio Prop 80 berkapasistas 80 orang, habibie juga memastikan bahwa R80 jauh lebih canggih dibandingkan pendahulunya N250.

Salah satu teknologi canggih terbaru yang diusung oleh R80 menurut habibie adalah kemampuan untuk menentukan angin dingin dan angin panas dari mesin, sehingga pesawat Regio Prop 80  bisa melesat dengan kecepatan tinggi.

Advertisements

“Melalui teknologi tersebut pesawat akan memiliki kecepatan tinggi,” kata Habibie usai pertemuan tertutup dengan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan di Gedung Pakuan, Kota Bandung, Rabu (10/9/2014).

Habibi menyatakan bahwa pesawat Regio Prop 80 telah memasuki tahap akhir pengerjaan dan hampir siap untuk terbang perdana di Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat. “Insya Allah 2017-2018 akan first flight sambil menunggu sertifikasi kelayakan udara,” katanya seperti dilansir dari kompas.com, Kamis (11/9/2014).

Related Posts.

Leave a Reply