MEDIAJURNAL » Bisnis » Penjualan Mobil Toyota Avanza dan Kijang Innova Rajai Pasar Otomotif

Penjualan Mobil Toyota Avanza dan Kijang Innova Rajai Pasar Otomotif

Written by on |
Toyota Avanza dan SPG Cantik

Toyota Avanza dan SPG Cantik / Youtube

Di pasar otomotif nasional, PT Toyota Astra Motor masih terlalu perkasa bagi para pesaingnya. Bagaimana tidak, data terbaru yang dirilis oleh Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menunjukan bahwa Toyota menguasai 31 persen pangsa pasar penjualan mobil medio Januari-September 2015.

Bila 31 persen itu dikonversikan dalam jumlah unit, maka pada periode Januari-September 2015 Toyota berhasil menjual 235.967 unit mobil. Varian mobil low multi-purpose vehicle (MPV) Avanza menjadi kontributor terbesar penjualan Toyota pada periode tersebut dengan 91.828 unit atau 38,9 persen dari seluruh penjualan mobil Toyota.

Bulan September 2015 saja penjualan Avanza mencapai 8.109 unit, mengalami kenaikan sebesar 38,7 dibanding penjualan Avanza bulan Agustus 2015. Dalam persaingan pasar low MPV, Avanza digdaya dengan menguasai pangsa pasar 44,1 persen.

Advertisements

Produk Toyota lainnya, Kijang Innova, juga terlalu perkasa buat lawan-lawannya di pasar MPV dengan market share 87,4 persen atau terjual hingga 36.512 unit. Mengutip dari Tempo.co, Kamis, 22 Oktober 2015, Kenaikan penjualan Toyota tahun 2015 ini bahkan lebih besar jika dibandingkan pertumbuhan pasar industri otomotif nasional.

Suparno Djasmin, Vice President Toyota Astra, berharap penjualan mobil-mobil Toyota yang sangat memuaskan pada tahun 2015 ini bisa terus bertahan hingga beberapa bulan atau tahun ke depan. “Kami berharap tren positif ini bisa berlanjut hingga bulan-bulan berikutnya,” ungkap Suparno Djasmin.

Sementara itu, Rahmat Samulo, Direktur Pemasaran Toyota Astra, merasa senang karena produk teranyar mereka di tahun 2015 ini, pickup double cabin Toyota Hilux 4 x 2 dan 4 x 4 disambut baik oleh pasar. “Peluncuran All New Toyota Hilux pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) mendapat respons positif dari pelanggan,” ujar Rahmat.

Related Posts.

Leave a Reply