MEDIAJURNAL » Nasional » Pembuatan Tol Laut Jokowi Diperkirakan Akan Menghabiskan Rp 2000 T

Pembuatan Tol Laut Jokowi Diperkirakan Akan Menghabiskan Rp 2000 T

Written by on |
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi / JIBI Foto

Salah satu program unggulan dari Presiden Terpilih Joko Widodo yang dia janjikan saat masa kampanye pilpres dulu adalah rencana pembuatan Tol Laut. Program itu adalah membuat transportasi pengiriman barang-barang kebutuhan warga lewat laut menjadi lebih lancar serta memakan biaya transportasi yang lebih murah daripada biaya transporrtasi laut sekarang.

Menurut Jokowi bila Tol laut sudah bisa berjalan maka kesenjangan harga-harga kebutuhan antar pulau atau wilayah di Indonesia akan bisa diminimalisir atau bahkan dihilangkan, seperti kita ketahui bersama, kesenjangan harga kebutuhan antara pulau Jawa dan pulau-pulau di luar jawa memang terjadi.

Ir. Dolfie Ofp, salah satu anggota Tim Transisi Jokowi mengungkapkan bahwa setelah Presiden Jokowi dilantik, program pembuatan Tol Laut masuk dalam prioritas program kerja utama Jokowi. “Tol laut akan menjadi prioritas,” kata Dolfie, Selasa (23/9/2014).

Advertisements

Dolfie Ofp memperkirakan kebutuhan anggaran untuk membangun tol laut menyentuh angka Rp2.000 triliun, yang akan dilakukan dalam skema tahun jamak selama 5 tahun. Sebagai langkah awal, menurut Dolfie, pemerintah Jokowi akan menentukan pelabuhan-pelabuhan mana saja di Indonesia yang akan dijadikan Tol Laut.

“Makanya tahun pertama kan FS-nya (feasibility study). Terus, pelabuhan mana saja yang mau dijadikan tol laut. Dari situlah baru ketahuan angka persisnya,” tandasnya, dilansir dari Tribun News, Rabu (24/9/2014).

Related Posts.

Leave a Reply