MEDIAJURNAL » Dunia » Peluang Presiden SBY Menjadi Sekjen PBB Kecil, Kata Dino Patti Djalal

Peluang Presiden SBY Menjadi Sekjen PBB Kecil, Kata Dino Patti Djalal

Written by on |
Dino Patti Djalal dan Istrinya Rosa Rai

Dino Patti Djalal dan Istrinya Rosa Rai / newsmedia.co.id

Nama Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan masuk dalam bursa Sekjen Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) pengganti Ban Ki-Moon. Akan tetapi, Menteri Luar Negeri Dino Patti Djalal menyatakan kemungkinan SBY untuk jadi Sekjen PBB sangatlah kecil.

Dino menjelaskan bahwa PBB dalam dua periode terakhir Sekjan-nya dijabat oleh orang dari Asia, jadi kemungkinan besar Sekjen PBB pengganti Ban Ki-Moon nanti adalah orang dari luar Asia, seperti Afrika atau Amerika Selatan.

Menurut Dino Patti Djalal, Masyarakat Indonesia atau bahkan dunia sah-sah saja menghendaki Presiden SBY ketika berhenti jadi presiden nanti lalu menjadi Sekjen PBB. “Namun jika masyarakat Indonesia bahkan dunia internasional beraspirasi Presiden SBY untuk maju menjadi Sekjen PBB, hal itu sah-sah saja,” kata Dino di Pesantren Gontor, Ponorogo, Jawa Timur, Jumat (5/9/2014).

Advertisements

Masih menurut Dino, SBY adalah salah satu pemimpin dunia yang disegani dan cukup berprestasi, jadi tidak mengherankan bila tawaran jabatan dari luar negeri berdatangan untuk Presiden SBY. “Saya yakin Pak Yudhoyono akan mendapatkan banyak tawaran dari dunia internasional, bahkan sudah kebanjiran tawaran,” terangnya, dilansir dari okezone.com, Jumat (5/9/2014)

Mantan dubes Indonesia untuk AS itu menyatakan tidaklah penting SBY akan jadi Sekjen PBB atau tidak, yang paling penting adalah bagaimana membuat nama Indonesia tetap baik dan semakin harum di mata dunia sehingga akan mendatangkan manfaat bagi tanah air dari sisi ekonomi, pariwisata, teknologi maupun pendidikan.

“Hal yang penting adalah bagaimana Indonesia bisa melanjutkan reputasi di dunia internasional sehingga memberikan keuntungan dari sisi ekonomi seperti bertambahnya investasi, kerja sama teknologi dan pendidikan,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply