MEDIAJURNAL » Dunia » PBB Bentuk Sebuah Tim Untuk Melindungi Bumi Dari Ancaman Asteroid

PBB Bentuk Sebuah Tim Untuk Melindungi Bumi Dari Ancaman Asteroid

Written by on |
Asteroid Chelyabinsk Russia

Asteroid Chelyabinsk Russia / cp24.com

PBB baru-baru ini membentuk sebua tim bernama ‘International Analysis and Warning Network’ (IAWN), tugas dari tim tersebut adalah untuk mengumpulkan data tentang asteroid yang berpotensi menabrak planet bumi hingga bisa membahayan peradaban kehidupan di bumi.

Tim IAWN yang beranggotakan para ahli asteroid dari seluruh dunia diharapkan bisa menemukan cara paling efektif untuk menghancurkan sebuah asteroid bila mengancam bumi. Sampai saat ini cara paling ampuh untuk menghancurkan sebuah asteroid adalah dengan menembakan senjata nuklir ke asteroid.

Wacana yang digagas oleh NASA ini pada praktiknya akan menggunakan dua buah pesawat tanpa awak, pesawat pertama bertugas menabarkan diri ke asteroid sasaran untuk menciptakan sebuah lubang besar di permukaanya, sedangkan pesawat kedua bertugas menembakan bom atom ke dalam lubang asteroid tersebut.

Advertisements

Ancaman asteroid belakangan ini menjadi perhatian dunia paska peristiwa ateroid yang meledak di langit kota Chelyabink, Rusia pada 15 February 2013. Ledakan asteroid tersebut dilangit setara dengan 20 kali ledakan bom atom sekutu di Hiroshima pada perang dunia kedua.

Dilansir dari Daily Mail, Jumat (15/8/2014), dalam sejarah umat manusia modern asteroid pernah meluluh lantakan daerah Tunguska di Siberia pada 30 Juni 1908, yang merupakan ledakan asteroid terbesar hingga kini diikuti peringkat kedua ledakan asteroid di Chelyabink, Rusia.

Related Posts.

Leave a Reply