MEDIAJURNAL » Nasional » Partai Koalisi Merah Putih Berpeluang Besar Menduduki Kursi Ketua DPR

Partai Koalisi Merah Putih Berpeluang Besar Menduduki Kursi Ketua DPR

Written by on |
Gedung DPR

Gedung DPR / nrmnews.com

Ketua DPR tak lagi otomatis milik partai pemenang pemilihan legislatif (Pileg), tetapi menggunakan paket partai pengusung, begitulah bunyi dari Undang-undang (UU) MPR, DPR, DPD, dan DPRD (MD3) yang baru.

Sebagai partai pemenang pemilu, PDIP memutuskan untuk mengajukan judicial review ke mahkamah Konstitusi (MK) terhadap UU MD3 tersebut. Bila MK pada akhirnya nanti memutuskan menolak uji materi yang diajukan oleh PDIP itu, maka hampir bisa dipastikan peluang kursi pimpinan DPR akan berada di Koalisi Merah Putih Prabowo Subianto.

Hal tersebut dikatakan oleh, Pengamat politik Heri Budianto. “Koalisi Merah Putih berpeluang menjadi pimpinan DPR jika (uji materi) UU MD3 ditolak MK,” kata Heri sepeti dikutip dari sindonews.com, Sabtu (7/9/2014)

Advertisements

Heri Budianto menyatakan bahwa dirinya bisa berpendapat seperti itu karena berkaca dari prosentase jumlah antara partai pendukung pemerintah Jokowi dengan partai Koalisi Merah Putih Prabowo Subianto. “Melihat kekuatan politik hari ini, sangat jelas bahwa kekuatan Merah Putih bisa memenangkan perebutan pimpinan,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply