MEDIAJURNAL » Nasional » Partai Demokrat dan PPP Mungkin Tinggalkan Prabowo Gabung Jokowi

Partai Demokrat dan PPP Mungkin Tinggalkan Prabowo Gabung Jokowi

Written by on |
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi / JIBI Foto

Meski beberapa partai yang tergabung dalam Koalisi Merah Putih Prabowo menyatakan komitmennya untuk setia pada dengan Prabowo namun Partai Demokrat dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) disebut paling berpeluang untuk bergabung dengan pemerintahan Jokowi.

Arman Salam, peneliti senior dari Riset Lingkaran Strategis mengungkapkan bahwa kalau dilihat dari gerakan politiknya PPP dan Demokrat kemungkinan akan bergabung ke pemerintahan Joko Widodo – Jusuf Kalla.

“Kalau dari gerakan politiknya, Demokrat dan PPP besar kemungkinan akan loncat ke Jokowi-JK,” ujar Arman Salam, peneliti senior Riset Lingkaran Strategis, dilansir dari detik.com, Sabtu (17/8/2014).

Advertisements

Menurut Arman Salam, partai yang pada detik-detik akhir menentukan pilihan untuk mendukung Prabowo pada pilpres 2014 ini membutuhkan rumah baru untuk mengamankan partainya yang salah satu caranya adalah bergabung dengan partai penguasa atau partai pemerintah.

“Sangat wajar bila Demokrat butuh rumah baru yang bisa juga mengamankan partainya,” sebut Arman.

Gelagat akan bergabungnya partai yang membesarkan nama SBY itu ke koalisi Jokowi – JK nampak ketika Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan menjalin komunikasi politik yang intens dengan Puan Maharani, Ketua Badan Pemenangan Pemilu PDI Perjuangan.

“Memang membutuhkan dukungan parlemen yang kuat yang implikasinya bisa memuluskan kebijakan pemerintah,” jelasnya.

“PPP seperti setengah hati, apalagi ada kisruh di awal saat manuver politik sebelum Pilpres,” ujarnya.

Adapun untuk Partai Persatuan Pembangunan menurut Arman sejak awal bergabung dengan koalisi Merah Putih Prabowo dengan setengah hati, jadi sangat mungkin ketika Prabowo tidak terpiilih menjadi Presiden PPP hengkang ke kubu Jokowi.

“PPP seperti setengah hati, apalagi ada kisruh di awal saat manuver politik sebelum Pilpres,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply