MEDIAJURNAL » Kriminal » Pamer Foto ‘Qurban’ Beruang Madu di Facebook, PNS Dihujat Netizen

Pamer Foto ‘Qurban’ Beruang Madu di Facebook, PNS Dihujat Netizen

Written by on |
Ronal, Pemburu Beruang Madu

Ronal, Pemburu Beruang Madu / Facebook

Seorang pengguna Facebook yang diduga juga pegawai negeri sipil (PNS) bernama ‘Ronal Cristoper Ronal’ mendapat hujatan dari netizen karena salah postingannya di akun Facebooknya. Kamis, 24 September 2015 sore, Ronal mengunggah sebuah foto di akun Facebooknya yang memperlihatkan dia sedang membantai seekor beruang madu (Helarctos malayanus), binatang khas Kalimantan yang dilindungi.

Dalam foto itu, nampak perut beruang yang sudah tak bernyawa dibedah oleh salah satu teman Ronal, sementara Ronal sendiri memegang kaki beruang sambil tersenyum ke arah kamera teman satunya lagi yang sedang selfie. Di foto tersebut, Ronal menuliskan keterangan “Tangkapan hari ini.”

Foto pembantaian hewan yang diunggah Ronal bertepatan dengan momen Hari Raya Idul Adha (Hari Raya Qurban) 2015/1436 H itu langsung mendapat tanggapan negatif dari netizen. Beruang madu, sudah masuk Appendix I of the Convention on International Trade in Endangered Species (CITES) sejak tahun 1979 dan dinyatakan terlarang untuk diburu.

Advertisements

Dari penulusuran profil dan akitifitas di akun Facebook-nya, Ronald menuliskan identitas dirinya sebagai seorang PNS yang berdinas di Kantor Dinas Kependudukan dan Capil. Sedangkan tempat tinggal Ronal tertulis di Tenggarong, Kalimantan Timur. Selain itu, dia juga mengaku pernah kuliah di Universitas Kutai Kartanegara.

Tidak kapok dengan hujatan netizen atas foto yang dia unggah pada Hari Raya Qurban, Ronal kembali mengunggah sebuah foto serupa sehari setelahnya. Jumat, 25 September 2015, Ronal mengunggah foto yang memperlihatkan dirinya telah membantai dua buah hewan yang diduga adalah payau atau rusa khas Kalimantan.

Seperti sebelumnya, Ronal kembali dihujat oleh netizen lewat foto yang dia unggah. Banyak netizen yang membagikan ulang foto unggahan Ronal dengan harapan pria tersebut segera ditangkap oleh pihak berwajib. Dari pantauan terbaru di akun Facebooknya, Ronal sudah menghapus kedua foto kontroversialnya itu.

Related Posts.

Leave a Reply