MEDIAJURNAL » Bisnis » Pabrik Rokok Gudang Garam di Kediri Segera PHK Ribuan Karyawannya

Pabrik Rokok Gudang Garam di Kediri Segera PHK Ribuan Karyawannya

Written by on |
Karyawan Gudang Garam

Karyawan Gudang Garam / merdeka.com

Menyusul pabrik rokok Bentoel di Malang Raya yang pada bulan september lalu memecat 8 ribu karyawanya, kini giliran PT Gudang Garam di Kediri yang akan mem-PHK 2 ribu karyawannya dengan alasan efisiensi keuangan. PT Gudang Garam mengaku terpaksa memecat ribuan karyawannya karena mengalami krisis keuangan yang disebabkan oleh ketatnya regulasi pemerintah soal rokok.

Iwhan Tricahyono, Wakil Kepala Bidang Humas PT Gudang Garam mengatakan, krisis keuangan PT Gudang Garam terjadi karena penjualan rokok Gudang Garam merosot drastis dalam beberapa tahun belakangan, kemerosotan tersebut dipicu regulasi pemerintah yang kurang menguntungkan bagi industri rokok nasional.

Menurutnya, setidaknya ada tiga regulasi pemerintah yang merugikan produsen rokok, yaitu pembatasan iklan di media massa seperti televisi, pembatasan kegiatan promosi dalam berbagai event atau kegiatan besar, dan yang terbaru pencantuman gambar menyeramkan dalam kemasan rokok.

Advertisements

Dilansir tempo.co, Jumat (10/10/2014), Iwhan menjelaskan bahwa PT Gudang Garam menawarkan program pensiun dini kepada karyawan, tawaran program pensiun dini itu hanya berlaku untuk para karyawan yang telah bekerja di PT Gudang Garam lebih dari 20 tahun.

Program pensiun dini itu memberikan uang pensiun hingga sepuluh kali gaji di depan, pemberian jaminan kesehatan BPJS kepada karyawan dan keluarganya sampai usia karyawan 55 tahun, serta memberikan pelatihan kewirausahaan bagi karyawan yang ingin mandiri.

Hingga saat ini, menurut Iwhan, 2.088 karyawan telah mengajukan diri kepada bagian SDM untuk mengikuti Program pensiun dini. Penawaran program pensiun dini sendiri sudah diumumkan sejak 6 Oktober 2014 kemarin dan berakhir akhir bulan ini.

Related Posts.

Leave a Reply