MEDIAJURNAL » Dunia » Lagi, Blogger Malaysia Alvin Tan Menghina Agama Islam di Media Sosial

Lagi, Blogger Malaysia Alvin Tan Menghina Agama Islam di Media Sosial

Written by on |
Blogger Alvin Tan

Blogger Alvin Tan / Facebook

Blogger kontroversial asal Malaysia, Alvin Tan, kembali berulah di media sosial. Blogger 27 tahun itu baru-baru ini mengunggah video pelecehan azan ke akun facebooknya. Dalam video tersebut, Alvin telanjang dada lalu menirukan azan dengan nada menyanyi sembari bermain piano keyboard.

Dalam keterangan videonya Alvin menulis bahwa dia sedang melakukan semacam cover version dari azan, sehingga jangan sampai ada yang protes bila liriknya salah. Dengan nada sarkas, Alvin juga menulis bahwa dirinya bukanlah pelaku bom bunuh diri. Secara tersirat, video itu adalah bentuk penghinaan Alvin terhadap agama Islam.

“Tolong jangan bilang kalau liriknya salah. Pertama ini adalah versi cover, jadi modifikasi kreatif diizinkan. Kedua, saya bukan pelaku bom bunuh diri,” tulis Alvin di video facebooknya, dikutip dari Tribun News, Selasa, 5 Mei 2015.

Advertisements

Hingga berita ini ditulis, video pelecehan azan Alvin telah ditonton lebih dari 400 ribu pengguna Facebook Malaysia yang sebagian besar muslim etnis melayu. Kebanyakan dari mereka mengaku marah atas perilaku alvin yang melecehkan azan. Mereka mengeluarkan sumpah serapahnya di halaman komentar video tersebut.

“Alvin Tan, memalukan!” kata seorang pengguna Facebook. “Ini adalah penghinaan paling buruk yang saya pernah lihat,” kata pengguna facebook lainnya. Ada juga yang mengaku tidak terpancing dengan video tersebut, malah menilai itu hanya upaya provokasi Alvin yang gagal. “Usaha yang bagus… Saya Muslim dan saya tidak marah.” kata pengguna Facebook yang tidak terpancing.

Kecaman kepada Alvin tak hanya datang dari pengguna Facebook muslim etnis melayu di Malaysia. Alvin juga dihujat oleh non muslim keturunan China seperti dirinya, pengguna facebook China non muslim itu mengutuk aksi Alvin dan membenarkan warga melayu muslim Malaysia yang mengutuknya.

“Alvin Tan bertindak terlalu jauh. Tetapi tentu saja, tindakan dan perilakunya tidak mencerminkan komunitas Cina di Malaysia. Jadi salahkan dia, bukan warga Cina,” kata pengguna Facebook China non muslim Malaysia.

Seperti disebutkan di muka, Alvin memang dikenal sebagai blogger penuh kontroversi di negaranya. Sewaktu masih tingga di Malaysia, dia pernah mengunggah foto makan daging babi bersama kekasihnya, Vivian Lee, lelu menuliskan kata ‘Selamat Berbuka Puasa’.

Gara-gara foto kontroversial dengan kekasihnya itu pula, pemuda yang sekarang tinggal di Amerika Serikat itu sampai ditahan polisi dan dijerat dengan UU Penghasutan. Jauh sebelum itu, Alvin juga membuat heboh dunia maya saat mengupload aktivitas seksualnya dengan Vivian.

Related Posts.

Leave a Reply