MEDIAJURNAL » Nasional » Kata Ahok, Oknum DPRD Semakin Kaya Bila Pilkada Langsung Dihapus

Kata Ahok, Oknum DPRD Semakin Kaya Bila Pilkada Langsung Dihapus

Written by on |
Gubernur Ahok

Gubernur Ahok / Youtube

Fraksi PAN, Fraksi Gerindra, dan Fraksi Golkar di DPR RI sepakat akan menghapus sistem pilkada langsung dan menggantinya menjadi pemilihan kepala daerah melalui DPRD. Sikap Fraksi Gerindra tersebut ternyata mendapat kritikan keras dari kadernya sendiri Wakil Gubernur DKI Basuki T Purnama.

Ahok berpendapat bahwa Pilkada langsung hanya akan membuat para oknum DPR yang doyan KKN makin kaya saja. “Harusnya Pilkada langsung. Kalau dari DPRD nanti oknum DPRD kaya raya semua,” ujarnya di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Jakpus, Jumat (5/9/2014).

Menurut Ahok, kepala daerah yang terpilih dari pemilihan di DPRD nantinya akan tersandera oleh para oknum anggota DPR sehingga tidak akan bisa independen lagi dalam mengambil kebijakan yang baik untuk deareh yang dipimpinnya.

Advertisements

Pemilihan kepala daerah lewat DPRD menurut ahok tak ubahnya kembali ke jaman Presiden Suharto, bahkan menurut Ahok bisa lebih buruk dari jaman Pak Harto, karena sekarang partainya lebih banyak dibanding jaman Pak Harto.

“Nanti semua kepala daerah bisa dikontrol dari oknum DRPD. Dikit-dikit dipanggil, tanggung jawab lagi semua. Dijajah lagi kayak dulu. Kalau zaman Pak Harto kan gampang, satu partai. Kalau sekarang, ada banyak partai ya mati,” terang Ahok seperti dilansir dari detik.com, Jumat (5/8/2014).

Ahok menilai alasan pilkada langsung yang tidak efektif karena sarat dengan manipulasi dan politik uang adalah alasan yang mengada-ada. Menurut Ahok, bila calon yang akan bertarung pada pilkada adalah orang-orang yang benar-benar kompeten tidak akan terjadi yang namanya politik uang dan manipulasi.

Ahok mencotohkan dirinya sendiri saat mencalonkan jadi Wakil Gubernur DKI Jakarta, dia mengaku tidak melakukan politik uang atau sogok-menyogok. “Aku juga nggak mahal. Nggak keluar duit kok. Lu aja bego mau mahal-mahal nyogok. Kalau nggak mau nyogok mah murah saja,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply