MEDIAJURNAL » Sosial » Kapal Perang Terbaru KRI Teluk Bintuni Siap Mengangkut Tank Leopard

Kapal Perang Terbaru KRI Teluk Bintuni Siap Mengangkut Tank Leopard

Written by on |
KRI Teluk Bintuni

KRI Teluk Bintuni / saibumi.com

Setelah main battle tank (MBT) terbaru milik TNI Angkatan Darat, Leopard, datang ke tanah air beberapa waktu lalu, Menteri Pertahanan Purnomo Yusgiantoro baru saja mengumumkan peluncuran sebuah kapal perang terbaru TNI yang dibuat sebagai pengangkut tank Leopard.

Kapal yang diberi nama Kapal Perang Republik Indonesia (KRI) Teluk Bintuni itu diluncurkan pada Sabtu (27/9/2014). Kapal berjenis landing ship tank (LST) tersebut dibuat oleh PT Daya Radar Utama (DRU) dari Palembang, KRI Teluk Bintuni 520 juga merupakan kapal perang pengangkut tank ketiga milik TNI.

Purnomo Yusgiantoro mengatakan, pembelian kapal perang baru tersebut untuk memperkuat Persenjataan TNI, sedangkan pemilihan PT Daya Radar Utama (DRU) sebagai produsen kapal karena pemerintah ingin mengurangi ketergantungan dari produk luar negeri, selain itu, PT Daya Radar Utama juga dianggap mampu membuat kapal perang yang memenuhi standar TNI.

Advertisements

“Untuk pembangunan kekuatan TNI AL, Sehingga dapat mengurangi ketergantungan dari produk luar negeri,” kata Purnomo Yusgiantoro, dikutip dari tempo.co, Minggu (28/9/2014).

KRI Teluk Bintuni mempunyai spesifikasi panjang 120 meter dan lebar 18 meter, sedangkan untuk tingginya adalah 11 meter. Kapal ini mampu mengangkut hingga sepuluh unit tank Leopard yang masing-masing mempunyai berat 62 ton. Ditenagai dua mesin diesel berkekuatan 2 x 3.258 kilowatt KRI Teluk Bintuni sanggup berlayar dengan kecepatan maksimal 16 knot.

Related Posts.

Leave a Reply