MEDIAJURNAL » Nasional » Kabupaten Mamberamo Raya Papua Diguncang Gempa 7,2 Skala Richter

Kabupaten Mamberamo Raya Papua Diguncang Gempa 7,2 Skala Richter

Written by on |
Provinsi Papua

Provinsi Papua / Google Earth

Kabupaten Mamberamo Raya, Papua, diguncang gempa besar berkekuatan 7,2 skala richter (SR) pada Selasa, 28 Juli 2015. Gempa yang terjadi pada pukul 04:41:23 WIT itu berpusat di 75 kilometer (km) Tenggara Mamberamo Raya dengan kedalaman 49 kilometer.

“Pusat gempa di 75 kilometer (km) Tenggara Mamberamo Raya, Papua. 81 km Timur Laut Tolikara, Papua dan 99 km Barat Laut Mamberamo Tengah, Papua,” ungkap Sutopo Purwo Nugroho, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), dilansir Republika Online, Selasa, 28 Juli 2015.

Gempa yang berlangsung selama 4 detik itu tidak berpotensi menyebabkan gelombang tsunami. Sampai saat ini, belum ada laporan rinci terkait jumlah korban atau jumlah bangunan yang rusak akibat gempa tersebut. Hal itu terjadi lantara wilayah Mamberamo Raya relatif sulit dijangkau.

Advertisements

“Namun, gempa tidak berpotensi tsunami. Wilayah yang sulit dijangkau dan keterbatasan aksesibilitas menyebabkan kesulitan pemantauan,” terang Sutopo.

Dari data yang tercatat oleh BNPB, gempa yang dirasakan di Jayapura II-III MMI, Sarmi IV MMI, Wamena III MMI, Sentani II-III, dan Biak II-III. Dari data tersebut, bisa disimpulkan bahwa gempa yang terjadi pagi ini dirasakan lemah di daerah-daerah di luar pusat gempa.

Lebih jauh, Sutopo menjelaskan bahwa wilayah di utara daratan di Provinsi Papua seperti di Kabupaten Yapen, Waropen, Jayapura, dan Mamberamo memang rawan terjadi gempa. Hal itu dipicu oleh adanya sesar aktif yaitu Sesar Yapen bergerak ke barat-timur rata-rata 2-5 cm per tahun, dan Sesar Mamberamo.

“Daerah Indonesia bagian Timur rawan gempa dan tsunami. Namun, terbatasnya riset mengenai gempa dan tsunami, juga infrastruktur kebencanaan di daerah ini menyebabkan belum dapat ditemukan dan kenali karakteristik gempa dan tsunami,” pungkasnya.

Related Posts.

Berikan Komentar