MEDIAJURNAL » Bisnis » Jusuf Kalla Akan Naikan Gaji Para Menteri yang Saat Ini Hanya Rp 19 Juta

Jusuf Kalla Akan Naikan Gaji Para Menteri yang Saat Ini Hanya Rp 19 Juta

Written by on |
Jusuf Kalla

Jusuf Kalla / indopos.co.id

Dijadikannya Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Jero Wacik sebagai tersangka KPK membuat Wakil Presiden Terpilih Jusuf Kalla akan lebih berhati-hati dalam memilih orang-orang yang akan duduk dalam Kabinet Jokowi-JK nanti.

Jusuf Kalla mengatakan bahwa salah satu penyebab para Menteri punya keinginan untuk memperkaya dirinya sendiri dengan cara-cara yang tidak terpuji adalah faktor kesejahteraan yang diberikan pemerintah terhadap menteri yang masih kurang layak.

JK membandingkan kesejahteraan yang diberikan pemerintah kepada anggota DPR dengan yang diberikan kepada para Menteri dari sisi gaji yang menurutnya ¬†sangat timpang. “Kita sadar gaji menteri Rp19 juta per bulan. Bandingkan gaji anggota DPR Rp70 juta per bulan, dapat fasilitas macam-macam,” katanya.

Advertisements

Menurut JK, gaji menteri selain kalah jauh dari Anggota DPR juga kalah jauh dari gaji para Dirut Badan Usaha Milik Negara (BUMN) dan juga gaji para komisioner KPK yang mencapai Rp 75 juta per bulan.

Politisi senior partai Golkar ini pun berencana akan menaikan gaji Para Menterinya kelak, sebagai langkah preventif terjadinya aksi-aksi kurang terpuji dari para Menteri Kabinet Jokowi. “Kita realistis juga, kalau gajinya segitu bagaimana?” ujarnya seperti dilansir dari Tribun News, Sabtu (6/9/2014).

Saat menjabat sebagai Wakil Presiden pada periode 2004-2009 JK juga pernah berencana menaikan gaji para Menteri, namun rencananya saat itu tidak mendapat persetujuan dari Presiden Susilo Bambang Yudhoyono.

Related Posts.

Leave a Reply