MEDIAJURNAL » Bisnis » Jokowi Bantah Proton Akan Kembangkan Mobnas dan Lupakan Esemka

Jokowi Bantah Proton Akan Kembangkan Mobnas dan Lupakan Esemka

Written by on |
Presiden Jokowi

Presiden Jokowi / JIBI Foto

Penandatanganan MoU antara perusahaan otomotif Malaysia Proton Holdings BHD dengan PT Adiperkasa Citra Lestari milik Hendroproyono yang dihadiri oleh Presiden Jokowi pada Jumat (6/2/2015), memunculkan spekulasi yang menyebutkaan bahwa MoU itu adalah langkah awal pengembangan mobil nasional (mobnas).

Namun ternyata anggapan tersebut sama sekali tidak benar. Ketika ditanya mengenai kebenaran kabar yang menyebutkan pemerintah Indonesia akan menggandeng proton untuk mengembangkan mobil nasional, Jokowi dengan sangat tegas membantah kabar itu.

Menurut Jokowi, ketika pemerintah berbicara tentang mobil nasional, sudah bisa dipastikan mobil yang dibicarakan adalah mobil Esemka. “Kalau bicara mobil nasional, tentu saja saya akan berbicara Esemka. Kalau mau bicara mobil nasional,” ujar Jokowi di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Selasa (10/2/2015) dini hari.

Advertisements

Jokowi menjelaskan bahwa Penandatanganan MoU antara Proton dengan PT Adiperkasa Citra¬†murni kerja sama bisnis pihak swasta. “Artinya, yang tadi (Proton) itu B to B. Apa perlu saya jelasin B to B itu apa?” terangnya, dilansir Detik.com, Selasa (10/2/2015).

Jokowi menegaskan bahwa mobil nasional haruslah menggunakan brand yang asli Indonesia, meski dia mengakui saat itu belum berfikir sampai ke sana. Jokowi juga menilai, adalah sebuah hal yang wajar saat dirinya menengok industri otomotif Malaysia, Proton Holdings BHD.

“Belum berpikir sejauh ini (pengembangan mobil nasional). Tetapi yang jelas, kalau namanya mobil nasional, itu brand dan prinsipalnya itu Indonesia. Kalau saya misalnya menengok sebuah industri, sebuah manufaktur di negara lain tentu adalah hal yang sangat wajar,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply