MEDIAJURNAL » Bisnis » Jeff Bezos ‘Amazon’ Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Dikudeta

Jeff Bezos ‘Amazon’ Orang Terkaya di Dunia, Bill Gates Dikudeta

Written by on |
Jeff Bezos Amazon Orang Terkaya

Jeff Bezos / GettyImages

Gelar Bill Gates sebagai orang paling tajir sedunia akhirnya digusur oleh Jeff Bezos, pendiri dan CEO Amazon. Harga saham Amazon yang naik 13 persen pada Jumat, 27 Oktober 2017 kemarin membuat kekayaan Bezos melewati harta yang dimiliki Gates. Kenaikan harga saham Amazon itu merupakan yang tertinggi dalam 2,5 tahun terakhir.

Terhitung sejak Jumat kemarin, kekayaan Bezos naik USD 10,4 miliar dan menjadikan dia orang berharta USD 93,8 miliar. Sebagaimana diwartakan Bloomberg, Sabtu, 28 Oktober 2017, kekayaan Bill Gates pada hari yang sama sebesar USD 88,7 miliar atau lebih sedikit USD 5,1 miliar dari Bezos.

Sejak tahun 2013 Gates digelari sebagai orang paling kaya seplanet dan hanya beberapa kali tergusur dari puncak. Bezos sebenarnya sudah pernah menyalip kekayaan Gates pada 27 Juli 2017 silam, sayangnya itu hanya bertahan sementara karena harga saham Amazon yang sempat naik ditutup melemah.

Advertisements

Harga saham Amazon pada akhir pekan ini melejit usai melaporkan penjualan dan laba kuartalan yang melampaui perkiraan analis. Pada periode tersebut, Amazon memperoleh pendapatan sebesar USD 43,7 miliar atau melebihi proyeksi yang senilai USD 42,1 miliar. Laba Amazon tersebut naik 34 persen dibanding kuartal sebelumnya.

Sekadar diketahui, sepanjang tahun 2017 ini kekayaan Bezos bertambah USD 28,5 miliar. Di Amazon, pria 53 tahun itu memiliki hampir 80 juta saham per Agustus 2017. Sementara harta Gates meningkat USD 6,3 miliar sejak akhir tahun lalu.

Gates sendiri selama ini banyak menggunakan hartanya untuk kegiatan sosial atau filantropi. Pada bulan Agustus 2017, Gates menyumbangkan donasi senilai USD 4,6 miliar ke Bill & Melinda Gates Foundation, sebuah yayasan yang bertujuan untuk memperbaiki sistem kesehatan dan mengurangi kemiskinan ekstrem di seluruh dunia.

Related Posts.

Leave a Reply