MEDIAJURNAL » Nasional » Jadi PNS Tanpa Tes? Bisa Untuk Mahasiswa Lulusan PTN Cum Laude!

Jadi PNS Tanpa Tes? Bisa Untuk Mahasiswa Lulusan PTN Cum Laude!

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Kabar gembira untuk anda anda para mahasiwa Perguruan Tinggi Negeri (PTN)! Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) akan memberikan jalur khusus kepada mahasiswa lulusan PTN dengan IPK cum laude untuk menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) tanpa tes.

“Kita berikan jalur khusus bagi lulusan terbaik perguruan tinggi yang cumlaude. Baru untuk Perguruan Tinggi Negeri,” ungkap MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi kepada wartawan di Kantornya, Jakarta Selatan, Senin, 2 Oktober 2015.

Para mahasiswa cum laude itu nantinya dipersilakan mendaftar dan akan ditempatkan untuk menggantikan posisi para PNS yang sudah memasuki masa pensiun. Yuddy menjelaskan, setiap tahun tercatat tidak kurang 120.000 PNS di Indonesia yang memasuki usia pensiun.

Advertisements

“Walaupun kita moratorium, kan ada yang memasuki masa pensiun. Tiap tahun itu kurang lebih 120.000 PNS di Indonesia yang memasuki usia pensiun. Tes administrasi tentu ada,” terang Yuddy, dikutip dari Merdeka.com, Selasa, 3 Oktober 2015.

Lebih jauh, kebijakan baru KemenPAN-RB itu, menurut Yuddy, diadakan untuk mendapatkan PNS yang berkualitas sesuai dengan disiplin ilmu yang mereka pelajari. “Kita memerlukan SDM yang berkualitas. Kalau mereka (Lulusan cumlaude) mau jadi pegawai negeri sesuai bidangnya ya kita tangkap,” lanjutnya.

Meskipun disebutkan tanpa test, namun sebenarnya pendaftar masih harus memenuhi tes atau persyaratan administrasi yang ringan. “Tapi tidak perlu lagi tes yang rumit-rumit. Persyaratannya ya umum-umum saja, usia di bawah 35 tahun, S1. Yang penting syarat-syaratnya di dalam undang-undang terpenuhi,” tutupnya.

Related Posts.

Leave a Reply