MEDIAJURNAL » Dunia » Israel dan Militan Hamas Palestina Sepakati Genjatan Senjata Lama

Israel dan Militan Hamas Palestina Sepakati Genjatan Senjata Lama

Written by on |
Militan Hamas Palestina

Militan Hamas Palestina / criminalu.co

Akhirnya setelah hampir dua bulan berperang Israel dan militan Hamas palestina sepakat untuk melakukan Gencatan senjata pada hari Selasa 26 Agustus 2014. Gencatan senjata kali ini tidak seperti gencatan senjata sebelumnya yang waktunya relatif pendek.

Gencatan Senjata kemarin disepakati oleh kedua belah pihak dalam jangka waktu yang panjang. Selama kurun waktu tersebut baik Israel ataupun Hamas haram untuk saling menyerang. Dilansir dari efe.com, Rabu (27/8/2014), tembakan perayaan bergema di seantero Gaza sebagai wujud syukur perdamaian antara Israel dan Palestina.

Ribuan warga Gaza  dikabarkan pada turun ke jalan bersuka cita meyambut genjatan senjata jangka panjang yang disepakati oleh Israel dan Pejuang Hamas Palestina. Lewat pengeras suara masjid-masjid di Gaza juga tak henti-hentinya mengumandangkan suara takbir “Allahu Akbar” sebagai wujud syukur terhadap gencatan senjata ini.

Advertisements

Sejak Israel melancarkan operasi Protective Edge yang dimulai pada 8 Juli 2014 silam atau selama 50 hari sebelum genjatan senjata kali ini, sebanyak 2.100 warga Gaza Palestina meregang nyawa dan 11.000 lainnya terluka akibat serangan udara israel yang bertubi-tubi. Operasi Protective Edge merupakan serangan Israel paling mematikan selama satu dekade terakhir konflik Israel Palestina.

Related Posts.

Leave a Reply