MEDIAJURNAL » Dunia » Inilah Fakta-fakta Tentang Virus Ebola yang Sedang Mengganas di Afrika

Inilah Fakta-fakta Tentang Virus Ebola yang Sedang Mengganas di Afrika

Written by on |
Penanganan Penderita Ebola

Penanganan Penderita Ebola / cbsnews

Saat ini benua Afrika sedang terkena bencana, virus mematikan Ebola sedang mengganas di benua hitam tersebut, tercatat lebih dari 900 nyawa melayang di Afrika akibat virus Ebola, tahukah anda apa itu virus Ebola? berikut fakta-fakta tentang virus Ebola.

Virus Ebola adalah salah satu virus paling mematikan yang pernah ada di muka bumi, tingkat kematian pada orang yang terkena Ebola virus disease (EVD) ini mencapai 90%. Virus ini pada awalnya ditransimikan oleh binatang liar kemudian menyebar dari manusia ke manusia.

Virus yang menyebar di kawasan Afrika tengah dan Afrika Barat ini diyakini berasal dari hewan kelelawar buah dari keluarga Pteropodidae. Binanatang-binantang yang dapat menularkan virus ini ke manusia antara lain; simpanse, gorila, kelelawar, monyet kijang dan landak.

Advertisements

Penularan virus Ebola pada manusia terjadi melalui kontak fisik langsung seperti kontak melalui luka, darah sekresi, organ atau cairan lain dalam tubuh manusia yang sudah terinfeksi. mengutip dari data Badan Kesehatan Dunia (WHO), hingga saat ini belum ditemukan penangkal atau obat dari virus Ebola.

Tanpa melakukan kontak langsung terhadap penderita Ebola pun manusia bisa tertular, seperti berada di lingkungan yang sudah terkontaminasi virus Ebola, atau saat melayat korban ebola dan melakukan kontak dengan jenazah yang terinveksi Ebola.

Related Posts.

Leave a Reply