MEDIAJURNAL » Sosial » Gunung Lokon Meletus Lontarkan Lava Pijar dan Debu Setinggi 600 meter

Gunung Lokon Meletus Lontarkan Lava Pijar dan Debu Setinggi 600 meter

Written by on |
Letusan Gunung Lokon

Letusan Gunung Lokon / zurnal24.si

Hari ini, Sabtu (13/9/2014), Gunung Lokon di Kota Tomohon Sulawesi Utara meletus, Gunung setinggi 1600 meter itu meletus pukul 03.00 WITA. Letusan Lokon menyemburkan lava pijar dan debu setinggi 600 meter.

Staf pemantau Gunung Lokon di Tomohon Feri Rismawan menyatakan letusan Gunung Lokon hari ini harus diwaspadai, karena terjadi dari dini hari hingga siang ini. Debu material gunung Lakon menghujani wilayah Kecamatan Mandolang, Tombariri Timur, Kabupaten Minahasa, Kecamatan Malayang dan Kota Manado.

Dari beritasatu.com, Sabtu (13/9/2014) mewartakan, Arnold Poli, Sekretaris Kota Tomohon melarang masyarakat untuk beraktifitas da area radius 2,5 kilometer dari puncak gunung. Murid-murid di beberapa sekolah di Kecamatan Malalayang, Kota Manado, Kecamatan Tombariri dan Mandolang telah menggunakan masker untuk menghindari debu abu vulkanik.

Advertisements

Jantje Sajow, Bupati Minahasa menghimbau agar seluruh warga Minahasa selalu waspada terhadap hujan debu akibat meletusnya Gunung Lokon dengan terus memakai masker. Masyarakat di kabupaten Minahasa sudah dibagikan masker oleh Kantor BNPB di Kota Minahasa.

Gunung Lokon merupakan salah satu dari 10 gunung berapi yang ada di Sulawesi Utara, gunung ini meletus terakhir kalinya pada bulan September tahun 2013 lalu.

Related Posts.

Leave a Reply