MEDIAJURNAL » Sosial » Frustasi, 700 Anggota OPM Menyerah dan Menyatakan Kembali Ke NKRI

Frustasi, 700 Anggota OPM Menyerah dan Menyatakan Kembali Ke NKRI

Written by on |
Anggota OPM

Anggota OPM / tempo.co

Bertepatan dengan momen kemerdekaan Indonesia, Minggu (17/8/2014) kemarin, sebanyak 700 anggota kelompok Organisasi Papua Merdeka (OPM) menyatakan penyerahan diri dan bergabung dalam negara kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

ke-700 anggota OPM yang menyerah tersebut berasal dari kampung Susmoruf, Distrik Ransiki, Kabupaten Manokwari Selatan, Papua Barat. Brigjen Inf Hinsa Siburian, Kepala Staf Kodam XVII/Cenderawasih membenarkan kabar pernyerahan OPM ke NKRI.

“Memang benar adanya penyerahan diri itu. Tidak ada yang direkayasa. Itu ada senjatanya dan ada foto-fotonya,” ungkap insa Siburian seperti dilansir dari merdeka.com, Minggu (17/8/2014).

Advertisements

Hinsa Siburian menjelaskan penyerahan diri 700 OPM dipimpin langsung oleh tiga pemimpinnya yaitu Yance Mandacan, Niko Aiba, dan Sayori, ketiganya menyerahkan delapan pucuk senjata yaitu dua revolver dan enam laras panjang.

“Jadi yang benar itu ada 700 OPM yang tinggal di kampung dan di hutan disana yang menyerahkan diri. Senjatanya itu delapan pucuk, tiga diantaranya rakitan dengan rincian dua revolver dan enam laras panjang,” jelasnya.

Yance, Niko dan Sayori menurut Hinsa Siburian adalah pimpinan kelompok OPM Kaswari I dan Kaswari II yang beroperasi di hutan-hutan Manokwari, karena sudah lama berjuang dan tidak ada kemajuan berarti maka mereka akhirnya memutuskan untuk kembali ke pangkuan NKRI.

Related Posts.

Berikan Komentar