MEDIAJURNAL » Nasional » Effendi Simbolon Sebut Jokowi Neolib, Gagal Amalkan Ajaran Soekarno

Effendi Simbolon Sebut Jokowi Neolib, Gagal Amalkan Ajaran Soekarno

Written by on |
Effendi Simbolon dan Dessy Tobing istrinya

Effendi Simbolon dan Dessy Tobing istrinya / simbolonnews.com

Politisi PDIP, Effendi Simbolon, kembali melontarkan kritikan tajam kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang merupakan rekan separtainya. Efendi menilai Jokowi selama satu tahun pemerintahannya telah gagal menjalankan tugasnya sebagai Presiden.

Menurutnya, Jokowi tidak piawai dalam menjaga stabilitas perekonomian yang naik turun. Kegagalan Jokowi dalam hal menjaga stabilitas ekonomian, menurut Effendi, lebih karena pilihan atau visi ekonominya yang cenderung neoliberal, menyerahkan semuanya ke mekanisme pasar.

“Presiden secara tidak sadar menuju era yang liberal. Di mana kemudian kita menjunjung menyerahkan semuanya ke mekanisme pasar,” kata Effendi saat rilis survei Poltracking di Hotel Sofyan Betawi, Jakarta, Selasa, 20 Oktober 2015.

Advertisements

Sebagai kader PDIP, partai yang mengusung ajaran Soekarno, Jokowi di mata Effendi malah seperti kebalikan dari Soekarno. “Itu antitesa yang diajarkan Soekarno. Itu platform partai pengusungnya sendiri. Kini yang saya tarik cenderung neolib,” ujar Efendi, dikutip dari Merdeka.com, Rabu, 21 Oktober 2015.

Effendi menilai wajar bila dari hasil survei yang dirilis oleh lembaga Survei Poltracking, mayoritas publik tidak puas terhadap pemerintahan Jokowi sebesar 51,26 persen. Masyarakat yang tidak puas terhadap pemerintahan Jokowi dalam setahun ini, dugaan Effendi, adalah masyarakat yang tak ingin bangsanya tergantung dengan asing.

“Artinya apa kebijakan Jokowi-JK yang liberal itu tidak Indonesia. Amerika sudah meninggalkan liberal. Usang. Tapi kita malah menuju. Ketergantungan dengan asing, bukan ketergantungan dengan ekspor. Menteri-menteri lain ingin kayak Rini Soemarno. Pinjam-pinjam dari asing. BUMN ini sudah enggak ada kulitnya. Habis. Dijual-jualin” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply