MEDIAJURNAL » Sosial » Dapat Izin Keraton Surakarta, Alun-Alun Utara Jadi Pasar Darurat Klewer

Dapat Izin Keraton Surakarta, Alun-Alun Utara Jadi Pasar Darurat Klewer

Written by on |
Alun-alun Utara Surakarta

Alun-alun Utara Surakarta / wikimapia.org

Pasar Klewer Solo terbakar pada 27 Desember 2014 lalu, tak pelak banyak pedagang pasar Klewer yang kehilangan tempatnya berjualan. Para pedagang berharap Pemerintah Kota Solo segera membangunkan pasar darurat untuk mereka.

Para bedagang berharap lokasi pasar darurat tidak jauh dari tempat mereka berjualan sebelumnya, mayoritas pedagang berkeinginan menjadikan alun-alun utara Solo sebagai lokasi pasar darurat. Namun para pedagang mengakui bahwa untuk merealisasikan hal tersebut, mereka harus mendapatkan izin dari Keraton Kasunanan Surakarta.

Menyikapi hal tersebut, Walikota Solo FX Hadi Rudyatmo mengadakan pertemuan dengan Ketua Lembaga Dewan Adat Keraton Surakarta, Kanjeng Pangeran (KP) Eddy Wirabhumi di Balaikota Solo, Rabu (7/1/2015). Dari pertemuan tersebut, diterbitkannya surat dengan nomor 13.15/SW.2-01/001 tentang Permohonan Pinjam Kagungandalem Alun Alun Utara Keraton Surakarta tertanggal 3 Januari 2015.

Advertisements

Dalam surat  yang ditujukan kepada Himpunan Pedagang Pasar Klewer (HPPK) itu dinyatakan bahwa pihak Keraton Kasunanan Surakarta selaku pemilik alun-alun utara mengizinkan tempat tersebut untuk dijadikan pasar darurat bagi para pedagang pasar klewer yang kehilangan tempatnya berjualan akibat kebakaran Desember 2014 silam.

“Mewakili keraton, kami mengizinkan Alun-alun utara bisa dipakai untuk pasar darurat. Tetapi tidak bisa seluruhnya karena perlu asektabilitas tengah ke masjid dan rute gunungan Sekaten,” ujar Eddy, dilansir Merdeka.com, Kamis (8/1/2015).

Bahkan menurut Eddy, pihak keraton bersedia membangun pasar darurat tersebut dengan biaya dari Pemerintah Kota Solo. “Kita dari keraton yang akan membangun, tapi duitnya dari pemkot. Tidak perlu lama-lama, 2 bulan selesai,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply