MEDIAJURNAL » Sosial » Bus Damri Sekarang Dilengkapi Kotak Hitam Seperti Pesawat Terbang

Bus Damri Sekarang Dilengkapi Kotak Hitam Seperti Pesawat Terbang

Written by on |
Kotak Hitam Bus Damri

Kotak Hitam Bus Damri / Antara

Sebuah inovasi baru saja diluncurkan oleh perusahaan otobus Damri, inovasi yang kali ini dilakukan Damri adalah pada sistem keamanan bus yang menggunakan kotak hitam atau black box, seperti yang lazimnya digunakan pada sistem keamanan pesawat terbang.

Triwahyono Edi, Asisten Senior Manager Teknologi Informasi Damri mengungkapkan bahwa sistem keamanan kotak hitam sudah terinstal pada bus-bus Damri terbaru.”Kami memakai black box pada armada bus yang baru,” kata Triwahyono, Sabtu (13/9/2014) di Jakarta.

Adapun tujuan pemasangan sistem keamanan black box pada armada bus Damri adalah untuk mengontrol atau memantau serta melacak kondisi mesin dari bus sehingga bisa mengantisipasi hal terburuk bila sampai terjadi kecelakaan.

Advertisements

Mengutip dari Antara, Sabtu (13/9/2014), kotak hitam bus Damri terhubung langsung ke server yang berada di kantor pusat Damri dengan menggunakan chip kartu Global System for Mobile (GSM), dengan begitu pemantauan terhadap kondisi mesin bisa secara real time.

Dengan menggunakan chip kartu Global System for Mobile (GSM), kotak hitam bus Damri masih mempunyai kelemahan yaitu tidak dapat membaca data ketika armada sedang berada di wilayah-wilayan yang sinyalnya lemah.

Wiyono menjelaskan hingga saat ini setidaknya ada 70 armada bus Damri yang sudah terpasang sistem keamanan kotak hitam. “Sudah terpasang sekitar 70 unit, kebanyakan di armada antar kota antar provinsi,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply