MEDIAJURNAL » Dunia » Biksu Buddha Myanmar Ashin Wirathu Sebut Ekstrimis Muslim Ancaman

Biksu Buddha Myanmar Ashin Wirathu Sebut Ekstrimis Muslim Ancaman

Written by on |
Ashin Wirathu

Ashin Wirathu / huffingtonpost.com

Ashin Wirathu, Seorang biksu Buddha di Myanmar yang juga pemimpin kelompok gerakan 969 Myanmar mengatakan bahwa ekstremis Muslim adalah ancaman serius bagi umat agama Buddha. Menurutnya, sifat umat Buddha yang penyabar malah dimanfaatkan oleh militan ekstremis muslim untuk melakukan serangan yang kejam.

“Buddha menghadapi ancaman serius hari ini dari kelompok militan. Kesabaran Buddha dipandang sebagai kelemahan. Kuil Buddha telah hancur. Ada jihad melawan para biksu Buddha,” ujar Ashin Wirathu pada pidatonya saat berkunjung ke Colombo, Sri Lanka, Minggu (28/9/2014).

Wirathu menyatakan bahwa dirinya akan bergabung dengan kelompok Bodu Bala Sena (BBS) dari Sri Langka untuk melindungi agama Buddha dari ekstremis Muslim. Biksu yang disebut-sebut sebagai dalang kekerasan terhadap muslim Rohingya itu mengatakan, gerakan 969 akan bergandengan tangan dengan BBS.

Advertisements

“Untuk melindungi dan membela umat Buddha yang terancam di seluruh dunia, kelompok saya akan bergandengan tangan dengan BBS,” kata Wirathu seperti dilansir dari dari aljazeera.com, Minggu (28/9/2014).

Sementara itu Azath Salley, Pemimpin Aliansi Nasional Muslim Tamil menyesalkan izin visa yang diberikan oleh pemerintah Sri Lanka untuk Ashin Wirathu. Azath Salley menduga ada maksud tersembunyi dari pemerintah Sri Lanka.

“Kesediaan pemerintah untuk mengeluarkan visa Wirathu menunjukkan mereka memiliki motif tersembunyi dalam kaitannya dengan minoritas, Kehadirannya akan membahayakan segala bentuk rekonsiliasi yang terjadi,” kata Azath Salley .

Related Posts.

Leave a Reply