MEDIAJURNAL » Bisnis » Biaya Airport Tax dan Harga Tiket Pesawat Digabung Mulai Januari 2015

Biaya Airport Tax dan Harga Tiket Pesawat Digabung Mulai Januari 2015

Written by on |
Check-in Counter Bandara

Check-in Counter Bandara / Foto Purwoko

Beberapa waktu lalu maskapai Garuda Indonesia dan Citilink menerapkan penggabungan biaya jasa layanan penumpang atau airport tax dengan tiket pesawat, langkah Garuda Indonesia tersebut rupanya menginspirasi Kementerian Perhubungan (Kemhub) untuk mewajibkan semua perusahaan penerbangan melakukan hal serupa.

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan mengatakan, kebijakan baru tersebut harus segera diberlakukan paling lambat 1 Januari 2014. Kebijkan itu diambil untuk memudahkan para penumpang pesawat dengan tidak perlu lagi antre membayar airport tax. “Paling lambat 1 Januari 2015 itu harus include,” katanya, Kamis (13/11/2014).

Bambang Tjahjono, Pelaksana Tugas Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan mengatakan bahwa pihaknya telah mengirimkan surat kepada bandara dan seluruh maskapai penerbangan terkait kebijakan baru tersebut, sehingga tidak ada lagi alasan bagi maskapai untuk tidak mematuhi.

Advertisements

Sunu Dwiatmoko, Direktur Utama AirAsia menyatakan, Air Aisa siap memberlakukan peraturan baru tersebut meskipun waktu yang tersisa tinggal satu setengah bulan saja. Sunu juga berharap pihak Angkasa Pura bisa mempersiapkan segala hal tentang penerapan peraturan baru tersebut dengan baik, sehingga tidak merugikan pihak maskapai juga para penumpang.

“Angkasa Pura maunya penarikan daily, padahal ada persoalan teknis IT dan perbankan itu tidak bisa selesai dalam waktu sehari, itu yang harus dimengerti AP,” kata Sunu Dwiatmoko seperti dilansir Tribun News, Jumat (14/11/2014).

Sementara itu, Direktur Umum Lion Air Edward Sirait menutut adanya trasparansi bila peraturan baru tersebut telah diberlakukan pada tahun depan. “Ini penting, harus jelas duit ini mau diapain, jangan sampai saya menagih buat orang lain terus saya dimaki- maki,” ujarnya.

Related Posts.

Leave a Reply