MEDIAJURNAL » Lifestyle » Bersiaplah! Denda Rp 1 Juta Bila Ketahuan Merokok di Tempat Umum

Bersiaplah! Denda Rp 1 Juta Bila Ketahuan Merokok di Tempat Umum

Written by on |
Merek-Merek Rokok

Merek-Merek Rokok / bipromagazine.com

Rancangan Qanun (Perda) Kawasan tanpa Rokok (KTR) akan segera disahkan oleh Pemerintah Kabupaten Aceh Barat, Provinsi Aceh. Dalam Qanun tersebut, tertuang pasal yang menyebutkan adanya denda sebesar Rp 1 juta bagi setiap warga yang kedapatan merokok di tempat-tempat umum.

H.T. Alaidinsyah, Bupati Aceh Barat, mendukung rencana pengesahan Qanun Kawasan tanpa Rokok meskipun dirinya sendiri adalah seorang perokok aktif. Menurutnya, Qanun KTR mempunyai tujuan yang baik untuk kepentingan umum sehingga dirinya harus membuang jauh-jauh egonya.

“Karena saya perokok aktif, ini bertentangan dengan naluri pribadi saya. Tapi, karena ini merupakan kepentingan dan kebijakan umum, qanun ini harus kita utamakan dan segera disahkan. Saya ikhlas mendahulukan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi,” ujar Alaidinsyah di Meulaboh, Selasa, 6 Oktober 2015.

Advertisements

Adapun besaran nominal denda sebesar Rp 1 juta yang ada di rancangan Qanun KTR, Alaidinsyah menegaskan itu belum final. Dalam hal ini, menurut Alaidinsyah, pemkab Aceh Barat sangat berhati-hati dalam menentukan aturan-aturan tersebut, mulai dari nominal denda hingga lokasi-lokasi tempat umum yang dilarang untuk merokok.

“Pemberlakuannya sesuai dengan tata ruang Kota Meulaboh sampai tahun 2034 dengan dimulai secara simultan. Dalam pelaksanaannya, ada pemberlakuan aturan secara terukur. Tempat lokalisasinya pun sudah diatur oleh Bappeda,” terangnya, dikutip dari  Tempo.co, Kamis, 8 Oktober 2015.

Qanun KTR ini, setelah disepakati oleh eksekutif dan legislatif setempat, akan segera dikirimkan ke Pemerintah Provinsi Aceh untuk dilihat efektivitasnya dan dievaluasi. Kebijakan tersebut baru akan dijalankan setelah mendapat persetujuan dari Pemprov Aceh.

Related Posts.

Leave a Reply