MEDIAJURNAL » Dunia » Berburu Sinyal Alien, China Bangun Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Berburu Sinyal Alien, China Bangun Teleskop Radio Terbesar di Dunia

Written by on |
Teleskop Radio Terbesar FAST

Teleskop Radio Terbesar FAST / gizmag.com

Sebuah teleskop radio raksasa dibangun oleh pemerintah China dalam rangka program perburuan alien. Teleskop radio yang akan diberi nama FAST (Five hundred meter Aperture Spherical Telescope) itu saat ini masih dalam proses perakitan di sebuah wilayah pegunungan di provisi Guizhou. Teleskop radio FAST mulai dibangun pada tahun 2011 silam, dan dijadwalkan akan selesai pada 2016 mendatang.

Dengan diameter 500 meter, maka teleskop tersebut akan mengalahkan Arecibo Observatory di Puerto Rico, yang sebelumnya menyandang gelar sebagai telekop terbesar di dunia dengan diameter 300 meter. FAST terdiri dari 4.450 panel berbentuk segitiga dengan sisi panjang 11 meter.

Selain menjadi teleskop radio terbesar di dunia, FAST juga dibekali dengan teknologi yang mutakhir, yang mana kecepatan FAST 10 kali lebih cepat dari Teleskop radio Effelsberg 100-m buatan Jerman. Piringan super jumbo yang dimiliki FAST, diklaim akan bisa menangkap sinyal yang sangat lemah, yang diharapkkan bisa menangkap sinyal dari kehidupan cerdas lain di luar bumi atau alien.

Advertisements

“Memiliki teleskop yang lebih sensitif, maka kita dapat menerima pesan radio lemah dan lebih jauh. Ini akan membantu kita untuk mencari kehidupan di luar galaksi dan mengeksplorasi asal-usul alam semesta,” kata Direktur Jenderal Masyarakat Astronomi Tiongkok, dikiutip dari Huffington Post, Jumat, 24 Juli 2015.

Para ahli juga meyakini bahwa FAST sangat mampu untuk menangkap sinyal-sinyal yang mungkin dikirim alien. Terlebih lagi, lokasi FAST sangat jauh dari polusi. Sekadar diketahui, dalam radius lima kilometer dari lokasi pembangunan FAST tidak ada kota. Apakah alien akan segera bisa menyapa manusia? menarik untuk ditunggu.

Related Posts.

Leave a Reply