MEDIAJURNAL » Lifestyle » Benarkah Ibadah Puasa Baik Untuk Kesuburan, Bisa Bikin Cepat Hamil?

Benarkah Ibadah Puasa Baik Untuk Kesuburan, Bisa Bikin Cepat Hamil?

Written by on |
Kesuburan Pria dan Wanita

Kesuburan Pria dan Wanita / conceiveplus.com

Tidak sedikit orang yang selama ini beranggapan bahwa puasa membuat tubuh tidak mendapatkan gizi yang seimbang. Konon, dengan kondisi tubuh seperti itu bisa mengganggu kesuburan, baik itu pria ataupun wanita. Apakah benar seperti itu?

Dr Mohamad Eko Cahyanto, Sp.PD, dokter Spesialis Penyakit Dalam RS UGM, mengungkapkan hal sebaliknya. Dr Eko malah menyebut puasa bisa meningkatan kesuburan pria dan wanita, sehingga puasa sangat cocok untuk pasangan yang ingin segera mendapatkan momongan.

Dr Eko menjelaskan, pada saat awal puasa, hormon reproduksi manusia memang mengalami penurunan. Namun penurunan hormon reproduksi itu tidak berlangsung lama. Saat puasa memasuki hari kedua dan setelahnya, lazimnya hormon reproduksi manusia akan naik dari biasanya.

Advertisements

“Pada awal puasa, hormon reproduksi dalam tubuh manusia mangalami penurunan. Namun setelah dua sampai tiga hari justru jumlah hormon tersebut menjadi meningkat. Hal itulah yang dapat menyebabkan meningkatnya keseburuan,” ungkap dr Eko, dikutip dari Tribunnews.com, Senin, 20 Juni 2016.

Dr Eko menuturkan, dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap orang yang sedang menjalani puasa, kadar hormon reproduksi seperti Luteinizing Hormone (Hormon LH) dan Follicle Stimulating Hormone (FSH) naik saat orang tersebut menjalankan ibadah puasa.

“Terbukti dari hasil penelitian hormon reproduksi seperti FSH dan LH kadarnya meningkat dalam tubuh. Kalau untuk asupan makanan sendiri itu tidak mempengaruhi keseburan seseorang. Yang penting cukup dan memiliki gizi seimbang,” pungkasnya.

Related Posts.

Berikan Komentar