MEDIAJURNAL » Bisnis » Benarkah Bank Danamon PHK Karyawan Terkait Perlambatan Ekonomi?

Benarkah Bank Danamon PHK Karyawan Terkait Perlambatan Ekonomi?

Written by on |
ATM Bank Danamon

ATM Bank Danamon / nytimes.com

Perlambatan ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia berdampak pada adanya tren pemutusan hubungan kerja (PHK) di berbagai sektor, salah satunya di sektor finansial. PT Bank Danamon Indonesia belakangan disebut-sebut telah melakukan PHK terhadap karyawannya, sebagaimana diwartakan JPNN, Selasa, 22 September 2015.

Salah seorang sumber internal Bank Danamon membenarkan kabar PHK di tubuh Bank Danamon. Meski membenarkan kabar PHK di Danamon, namun sumber tersebut menegaskan bahwa proses PHK adalah hal yang wajar dan lazim terjadi di Danamon. “Penyesuaian itu adalah proses natural di mana setiap tahun ada pegawai yang keluar dan ada yang masuk,” ungkap sumber tersebut.

Sumber itu tak menampik bila keputusan Bank Danamon untuk merumahkan karyawannya kali ini memang terkait dengan perlambatan ekonomi yang sedang terjadi di Indonesia. “Namun, langkah kali ini memang berkaitan dengan ekonomi yang sedang lesu dan bisnis perseroan yang ikut melambat,” terangnya.

Advertisements

Sementara itu, Sng Seow Wah, Direktur Utama Bank Danamon, mengakui adanya penurunan laba bersih pada semester pertama tahun 2015. PT Bank Danamon Indonesia Tbk (BDMN) mencatat laba bersih setelah dipotong pajak Rp 1,25 triliun pada semester pertama tahun ini.

Sng Seow Wah mengungkapkan bahwa Danamon saat ini akan lebih fokus pada peningkatan produktivitas serta penurunan biaya penyaluran kredit. “Kondisi makroekonomi yang menantang pada semester pertama 2015 berdampak pada bisnis kami. Kami juga sedang berfokus pada inisiatif cross-selling serta investasi pada segmen bisnis yang sedang berkembang lainnya,” kata Sng Seow Wah.

Related Posts.

Leave a Reply