MEDIAJURNAL » Dunia » Bayi Raksasa Lahir di India dari Ibu Penderita Obesitas dan Diabetes

Bayi Raksasa Lahir di India dari Ibu Penderita Obesitas dan Diabetes

Written by on |
Bayi Raksasa

Bayi Raksasa / Huffington Post

Kamis, 1 Oktober 2015 lalu, di sebuah rumah sakit di distrik Shri Ganganaga, India, bayi terbesar atau terberat di India baru saja lahir. Bayi berjenis kelamin laki-laki seberat 5,9 kilogram tersebut lahir dari seorang ibu bernama Goga Bai, 30 tahun, wanita dari Rajasthan, India utara.

Dengan berat hampir 6 kilogram, bayi tersebut kini jadi pemegang rekor bayi terbesar di India. Dr Anamika Agarwal, salah satu dari empat dokter yang membantu kelahiran bayi tersebut mengatakan, ayah bayi tersebut, Ravinda Kumar, 28 tahun, tidak perlu merasa risau atas kesehatan bayi dan juga istrinya.

“Bayi dan ibunya dalam keadaan baik dan sehat. Dia benar-benar adalah bayi terbesar di negara ini. Berat bayi normal yang baru lahir di India rata-rata adalah antara 2,5 kilogram sampai 3,5 kilogram.” ujar Dr Anamika , dikutip dari The Huffington Post, Rabu, 7 Oktober 2015.

Advertisements

Pada saat baru dilahirkan, sang bayi sempat mengalami masalah pernafasan, namun tim dokter sudah bisa mengatasi masalah tersebut. “Awalnya bayi ini mengalami masalah bernapas, tapi sekarang sudah baik-baik saja. Dia masih berada dalam observasi konstan,” lanjutnya.

Dr Anamika menjelaskan bahwa faktor sang ibu yang mengalami obesitas dan juga diabetes turut berperan dalam lahirnya bayi berukuran jumbo tersebut. “Dalam kasus di mana sang ibu menderita obesitas dan diabetes, ada risiko bahwa sang anak akan mengalami kelebihan berat badan,” terangnya.

Sekadar diketahui, untuk pemegang rekor bayi terbesar atau terberat di dunia saat ini masih dipegang oleh bayi yang lahir di Italia pada September 2015 lalu. Bayi yang juga berjenis kelamin laki-laki itu mempunyai berat 10,2 kilogram saat dilahirkan. Berbeda dengan ibu bayi yang lahir di India di atas, Ibu dari bayi pemegang rekor ini tidak mengalami obesitas atau diabetes.

Related Posts.

Leave a Reply