MEDIAJURNAL » Dunia » Batu Zamrud Bahia Emerald, Batu Paling Mahal Seharga Rp 5,2 Triliun

Batu Zamrud Bahia Emerald, Batu Paling Mahal Seharga Rp 5,2 Triliun

Written by on |
Batu Zamrud Bahia Emerald

Batu Zamrud Bahia Emerald / latimes.com

Tren batu dengan harga selangit memang sedang melanda tanah air, namun tahukah anda bahwa harga batu miliaran rupiah yang menghebohkan Indonesia belakangan ini ternyata tidak ada apa-apanya dibandingkan harga batu ‘Bahia Emerald’ yang saat ini menjadi rebutan di dunia internasional.

Bahia Emerald adalah batu emerald (Zamrud) termahal di dunia dengan taksiran harga hingga 400 juta dolar amerika atau setara dengan Rp 5,2 triliun. Bahia Emerald merupakan batu zamrud paling besar dan paling langka yang pernah ditemukan manusia hingga saat ini.

Dikutip dari Fox News, Kamis, 2 April 2015, dari laporan Adam Housley di “America’s Newsroom”, batu seberat 381 kilogram dengan 180 ribu karat itu menjadi rebutan oleh setidaknya delapan orang di dunia. Baru-baru ini pemerintah Brasil turut serta ikut dalam perebutan hak milik batu tersebut karena batu itu memang ditemukan di Brasil.

Advertisements

“Batu itu ditambang di Brasil pada tahun 2001. Sempat berada di New Orleans dan berada di dalam air setelah Badai Katrina. Kini berada di eBay dengan harga 70 juta dollar AS,” demikian dilaporkan Housley.

Pemerintah Brasil mengaku tahu bahwa batu tersebut telah menjadi rebutan delapan orang yang tak kunjung menemui titik temu atau sepakat hingga sekarang, namun Brasil menegaskan bahwa Bahia Emerald itu adalah kekayaan negara yang ditambang secara ilegal, dan dibawa secara ilegal ke Amerika Serikat, sehingga Brasil akan terus berjuang untuk mendapatkan hak kepemilikan atas batu tersebut.

“Namun Brasil kini masuk dalam permasalahan ini dan mengatakan meski ada delapan individu yang mengaku pemiliknya namun sebenarnya kami adalah pemilik asli dan akan terus berjuang untuk mendapatkannya,” tulis laporan tersebut.

Related Posts.

Leave a Reply