Apa Tugas dan Tanggung Jawab Administrasi Keuangan Perusahaan?

Oleh: - 31 Januari 2019  |

Instagram

Administrasi Keuangan
Administrasi Keuangan (Shutterstock)

Sudah menjadi suatu kelaziman bila seseorang yang memiliki latar belakangan pendidikan keuangan akan bekerja atau memilih profesi di bidang yang dikuasainya tersebut, salah satu contohnya adalah menjadi seorang administrasi keuangan.

Meski sudah memiliki keahlian di bidang keuangan yang telah dipelajari semasa kuliah, mengerjakan pekerjaan di bidang administrasi keuangan tak selamanya mudah. Terkadang seorang administrasi keuangan akan mengalami pusing lantaran jobs description yang relatif luas.

Selain jobs description yang luas, mengerjakan pekerjaan di bidang administrasi keuangan juga dituntut untuk selau teliti dan super cermat. Apa saja sih tugas dan tanggung jawab administrasi keuangan di sebuah perusahaan?

Baca juga:

Membuat Rencana Keuangan Perusahaan

Seorang administrasi keuangan diharuskan bisa membuat rencana keuangan perusahaan tempatnya bekerja tersebut. Perencanaan keuangan yang dimaksudkan meliputi peminjaman, uang kas masuk dan kas keluar, serta pembayaran jatuh tempo utang.

Lazimnya, perusahaan bakal meminta laporan keuangan pada administrasi keuangan secara berkala. Laporan keuangan tersebut akan dipakai perusahaan untuk mengetahui besaran anggaran belanja dan pemasukan yang telah diterima.

Mengatur Arus Uang Perusahaan

Arus keuangan sebuah perusahaan juga jadi tanggung jawab seorang administrasi keuangan. Arus keuangan itu dimulai dari aktivitas membuka rekening baru, menentukan besar uang yang disetor ke rekening perusahaan, dan tak lupa yang paling utama, mencatat seluruh arus uang perusahaan

Menghitung Utang
Menghitung Utang (Shutterstock)

Mengetahui dan Membayarkan Utang Perusahaan

Utang perusahaan juga tak lepas dari pengawasan atau tanggung jawab administrasi keuangan. Ia harus mengetahui besaran jumlah kredit yang dilakukan perusahaan. Tujuannya apa? tidak lain agar perusahaan sebisa mungkin membayar utang sebelum jatuh tempo.

Menyusun Kebijakan Anggaran Keuangan Perusahaan

Salah satu tugas lain yang tak kalah gereget, administrasi keuangan dituntut untuk bisa membuat susunan kebijakan anggaran keuangan perusahaan. Tugas seperti ini mengharuskan seorang administrasi keuangan menjalin komunikasi dengan divisi lain mengenai kebutuhan anggaran yang akan dihabiskan.

Seorang administrasi keuangan pun berhak menentukan return of investment dari uang yang telah dihabiskan oleh perusahaan atau divisi-divisi lain dalam perusahaan. Dengan kata lain, administrasi keuangan memiliki hak mutlak untuk menanyakan hasil apa yang sudah didapat dengan pengajuan anggaran tersebut.

Selain empat tugas dan tanggung jawab yang telah diungkapkan di muka, ada beberapa kriteria yang pas atau lazim diperlukan bagi seseorang untuk menjadi administrai keuangan. Beberapa di antarannya seperti ketelitian, kecermatan, kemampuan berkomunikasi, dan kesopanan. Bagaimana, anda tertarik jadi administrasi keuangan?

Berita Terkait.

Tinggalkan Balasan