MEDIAJURNAL » Nasional » Ahok Keluar dari Partai Gerindra Bila Pilkada Langsung Jadi Dihapuskan

Ahok Keluar dari Partai Gerindra Bila Pilkada Langsung Jadi Dihapuskan

Written by on |
Gubernur Ahok

Gubernur Ahok / Youtube

Penolakan terhadap wacana penghapusan pemilihan kepala daerah secara langsung terus bermunculan, setelah sebelumnya pengamat ekonomi Faisal Basri menyebut penghapusan pilkada langsung adalah strategi bangsat, kini Wakil gubernur DKI Jakarta juga bersiap untuk mengambil sikap terkait wacana ini.

Ahok menyatakan bila sampai RUU Pilkada ini disetujui yang artinya pemilihan kepala daerah dipilih oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD), maka dirinya akan keluar dari Partai Gerindra. Ahok menilai tak ada lagi gunanya jadi anggota partai bila partai-partai hanya mencederai demokrasi.

“Saya pikir, kalau sampai ini dilakukan, mungkin saya akan keluar dari partai politik saja. Ngapain main ke partai politik,” kata Ahok di Balai Kota, Jalan Medan Merdeka Selatan, Selasa (9/9/2014).

Advertisements

Politisi 48 tahun ini menilai alasan para pendukung penghapusan pilkada langsung karena biaya yang mahal itu mengada-ada dan tidak menyentuh permasalahan sebenarnya. Dia mengaatakan bahwa pemilihan kepala daerah oleh DPRD malah bisa lebih mahal biayanya karena banyaknya transaksi-transaksi gelap antara calon kepala daerah dengan anggota DPRD.

“Apabila di survei, pilkada sekarang pun, seseorang calon lebih banyak menghabiskan uang pada partai politik, seperti contoh sewaktu saya masih jadi bupati, saya menghabiskan uang Rp 500 juta itu pun udah makan segala macam, adik saya pakai partai politik yang dibayar, lebih mahal jatuhnya. Jadi bukan alasan uang, bukan substansinya,” terangnya seperti dilansir dari Tribun News, Selasa (9/9/2014)

Ahok juga menegaskan bahwa kepala daerah yang dihasilkan lewat pilihan para anggota DPRD tidak akan bisa bekerja maksimal untuk rakyat yang dipimpinnya karena sibuk menjamu para anggota DPRD yang dulu memilihnya. “Ya kerjanya menjamu DPRD, sementara rakyat dicuekin,” pungkasnya.

Related Posts.

Leave a Reply