MEDIAJURNAL » Dunia » Abdullah bin Abdulaziz Meninggal, Salman bin Abdulaziz Jadi Raja Saudi

Abdullah bin Abdulaziz Meninggal, Salman bin Abdulaziz Jadi Raja Saudi

Written by on |
Salman bin Abdulaziz Al Saud

Salman bin Abdulaziz Al Saud / defense.gov

Abdullah bin Abdul Aziz, raja Arab Saudi meninggal dunia pada Jumat (23/1/2015). Almarhum meninggal pada usia 90 tahun. Kabar meninggalnya raja Abdullah ini diumumkan secara resmi oleh stasiun televisi pemerintah Arab Saudi.

Sebelum meninggal, Raja Abdullah dirawat di rumah sakit karena menderita infeksi paru-paru. Dilansir BBC, Jumat (23/1/2015), Salman bin Abdulaziz Al Saud (79) yang merupakan adik tiri Raja Abdullah ditunjuk sebagai pengganti Raja Abdullah menduduki jabatan Raja Arab Saudi.

Putra Abdullah yakni Kepala Garda Nasional Pangeran Mitab dan Gubernur Mekkah Pangeran Mishaal mengaku telah mempercayai Salman untuk menggantikan posisi ayahnya. Sejak Raja Abdullah jatuh sakit beberapa waktu lalu, Salman sudah menjalankan tugas sebagai Raja Arab Saudi walau statusnya saat itu belum diangkat jadi raja.

Advertisements

Dalam hal kesehatan, Salman dikabarkan juga tidak lebih baik dari almarhum Raja Abdullah, dia diduga sedang menderita penyakit demensia atau penyakit Parkinson, namun pemerintah saudi menyangkal kabar sakitnya Salman.

Jabatan-jabatan penting di pemerintahan Arab Saudi pernah diduduki salman, seperti wakil perdana menteri dan menteri pertahanan. Salman juga dikenal sukses menjalankan pemeintahan saat dirinya menjabat sebagai Gubernur Provinsi Riyadh.

Related Posts.

Leave a Reply