MEDIAJURNAL » Dunia » Abdelhamid Abaaoud, Otak Serangan Teror di Paris Dipastikan Tewas

Abdelhamid Abaaoud, Otak Serangan Teror di Paris Dipastikan Tewas

Written by on |
Abdelhamid Abaaoud

Abdelhamid Abaaoud / francetvinfo.fr

Rabu, 18 November 2015, kepolisian Perancis melakukan serangan ke tempat yang diduga sebagai markas teroris di Saint-Denis, sebuah kota kecil di sebelah utara Paris. Dalam serangan tersebut, polisi berhasil menewaskan Abdelhamid Abaaoud, 28 tahun, orang yang diduga kuat merupakan dalang utama serangan berdarah di Paris, Jumat, 13 November 2015 silam.

Tewasanya Abaaoud ini telah dikonfirmasi oleh pemerintah Perancis dan Belgia, negara yang memberikan kewarganegaraan pada Abaaoud. Manuel Valls, Perdana Menteri Perancis, mengabarkan tewasnya Abaaoud saat dirinya tengah dalam sidang voting parlemen guna memperpanjang status darurat di Perancis untuk 3 bulan ke depan.

Dilansir Reuters, Jumat, 20 November 2015, para anggota parlemen Perancis kompak tempuk tangan mendengar kabar tewasnya Abaaoud yang disampaikan Valls. “Kita tahu hari ini (siapa) dalang dari penyerangan-penyerangan (di Paris), atau salah satu dari mereka. Kita harus tetap waspada, satu di antara mereka telah tewas,” ujar Valls.

Advertisements

Hal senada juga dikatakan oleh Koen Geens, Menteri Kehakiman Belgia. Geens menyebut Abaaoud, salah satu orang paling berbahaya di dunia, telah tewas dan tidak jadi ancaman dunia lagi. “Si ‘spider in the web‘ (Abaaoud) sudah bukan lagi merupakan ancaman bahaya,” kata Koen Geens.

Polisi berhasil memastikan Abaaoud tewas setelah mencocokan data sidik jarinya dengan jasad yang hancur di Saint-Denis. Pria kelahiran Maroko itu menjadi orang paling dicari oleh pihak keamanan Perancis setelah diduga kuat sebagai otak serangan di berbagai tempat di Paris yang menewaskan 129 orang.

Related Posts.

Leave a Reply