MEDIAJURNAL » Sosial » 2016, Kegiatan Kuliah di PTN Harus Pakai Bahasa Inggris dan Indonesia

2016, Kegiatan Kuliah di PTN Harus Pakai Bahasa Inggris dan Indonesia

Written by on |
Suasana Kuliah

Suasana Kuliah / Getty Images

Akhir Desember 2015 mendatang, Indonesia akan memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan mulai aktifnya MEA, kemampuan berbahasa inggris sumber daya manusia (SDM) Indonesia menjadi kebutuhan yang mutlak harus dipenuhi.

Untuk mencapai hal tersebut, Muhammad Nasir, Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, tengah menggodok rencana kurikulum dwi bahasa atau dual language: bahasa Inggris dan Indonesia, yang akan digunakan di perguruan tinggi di Indonesia.

Dalam kurikulum dual language yang akan berlaku ke depan, mahasiswa dan dosen dituntut untuk bisa berkomunikasi dengan bahasa inggris ketika proses belajar mengajar. Tak hanya itu saja, segala referensi belajar di kampus dan segala instrumennya juga diharuskan berbahasa Inggris.

Advertisements

“Kurikulum yang didesain pada masa depan akan dirancang proses belajar dengan dual language. Dosen pun harus dipacu dengan bahasa Inggris. Dengan begitu, penguasaan bahasa Inggris menjadi given,” kata Muhammad Nasir, dikutip dari Tempo.co, Senin, 30 November 2015.

Bila tidak ada halangan, kurikulum dwi bahasa akan mulai diberlakukan secara bertahap mulai tahun 2016. Perguruan tinggi negeri (PTN) akan menjadi prioritaes dalam penerapan kurikulum¬†dual language tersebut. “Tahun 2016 akan kami galakkan. Semua akan kami syaratkan di perguruan tinggi, terutama PTN,” terang Nasir.

Kebijakan tersebut, lanjut Nasir, diberlakukan agar SDM Indonesia tidak semakin tertinggal dengan SDM negara-negara tetangga seperti Thailand dan Filipina. Kata Nasir, negara-negara tetangga selama ini telah memberlakukan kurikulum dual language, bahkan mereka mulai mempelajari bahasa Indonesia juga.

“Negara asing, seperti Thailand dan Filipina, sekarang malah sudah belajar bahasa Indonesia. Kita juga harus belajar bahasa Inggris yang baik,” tandasnya.

Related Posts.

Leave a Reply