MEDIAJURNAL » Nasional » 2000an Lowongan CPNS Dibuka Kemenkeu Untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai

2000an Lowongan CPNS Dibuka Kemenkeu Untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai

Written by on |
Foto PNS

Foto PNS / setkab.go.id

Hadiyanto, Sekretaris Jenderal Kementerian Keuangan (Kemenkeu), mengumumkan Kemenkeu akan membuka lowongan calon pegawai negeri sipil (CPNS) 2016 lebih dari 4000 orang. Usulan formasi lowongan CPNS tersebut telah diajukan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN RB).

“Formasi kebutuhan PNS yang diajukan sekitar 4.000 an PNS. Kita tetap mengikuti formasi yang disiapkan Menteri PAN RB,” ungkap Hadiyanto, dikutip dari Liputan6.com, Minggu, 1 Mei 2016.

Dari 4000 lowongan yang disiapkan Kemenkeu, lebih dari setengahnya, atau 2000 lebih, akan dialokasikan ke Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC) dan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai (DJBC). Sedangkan sisanya akan didistribusikan ke seluruh Unit Eselon I.

Advertisements

“Lebih dari 4.000 PNS ini buat Ditjen Pajak, Ditjen Bea Cukai, dan seluruh Unit Eselon I. Tapi memang dari angka itu, porsi paling banyak untuk Ditjen Pajak dan Bea Cukai sesuai dengan lingkup tugasnya yang sangat luas,” terang Hadiyanto.

Menurut Hadiyanto, Ditjen Pajak dan Bea Cukai sebenarnya membutuhkan lebih dari dua ribuan PNS baru karena tugas-tugasnya yang sangat luas. “Kebutuhan PNS di lingkungan Kemenkeu terutama di Ditjen Pajak dan Bea Cukai jelas lebih dari itu. Selain mengembangkan IT, kita tetap membutuhkan SDM yang bisa langsung memantau dan meningkatkan penerimaan melalui account representatif” lanjutnya.

Adapun tentang kebijakan moratorium penerimaan PNS yang sampai saat ini masih berlaku, Hadiyanto menjelaskan, kebijakan tersebut ada pengecualian untuk profesi tertentu. Hadiyanto juga menerangkan bahwa rekrutmen PNS di Kemenkeu ini sebagian besar untuk mengganti PNS yang telah pensiun.

“Moratorium kan tidak menambah jumlah pegawai yang ada, tapi perekrutan lebih kepada untuk menggantikan yang pensiun. Walaupun jumlahnya tidak seperti tahun lalu, kinerja tidak berkurang, kita kerja keras untuk itu,” tandasnya.

Related Posts.

Leave a Reply