MEDIAJURNAL » Dunia » 120 Jamaah Salat Jumat Tewas dalam Serangan Bom Militan Boko Haram

120 Jamaah Salat Jumat Tewas dalam Serangan Bom Militan Boko Haram

Written by on |
Serangan Bom Bunuh diri Boko Haram

Serangan Boko Haram di di Grand Mosque / Nigerian Tribune

120 orang dilaporkan tewas dan 270 lainnya terluka dalam serangan yang dilakukan oleh kelompok teroris Boko Haram, kelompok yang mengklaim sebagai organisasi pembela agama Islam itu mengaku bertanggung jawab terhadap serangan bom bunuh diri di Grand Mosque di Kano, Nigeria, Jumat (28/11/2014).

Emmanuel Ojukwu, Juru Bicara Kepolisian Nasional Nigeria mengatakan, para korban diserang saat tengah melakukan ibadah salat Jumat, pelaku berjumlah dua orang menyamar sebagai jamaah salat Jumat. Dengan kejam, milisi Boko Haram menembaki Para korban yang sempat selamat dari ledakan bom bunuh diri.

“Dua pelaku bom bunuh diri dengan cepat meledakkan dirinya di tengah kerumunan. Orang-orang yang berhasil selamat dari ledakan dan berusaha melarikan diri malah ditembaki,” ujar Juru Bicara Kepolisian Nasional Nigeria Emmanuel Ojukwu, dilansir Reuters, Minggu (30/11/2014).

Advertisements

Para jamaah salat Jumat yang selamat sempat memberikan perlawanan terhadap milisi Boko Haram yang menambikinya, para jamaah berhasil menangkap empat orang anggota kelompok teroris Boko Haram dan kemudian membakarnya hidup-hidup.

Serangan terhadap jamaah salat jumat di Grand Mosque Kano dilakukan Boko Haram lantaran masjid tersebut identik dengan Emir Muhammad Sanusi II, ulamam Nigeria yang dikenal sangat menentang Boko Haram dan sering mengeluarkan pernyataan-pernyataan yang menyerang Boko Haram.

Minggu 16 November 2014 lalu atau lima hari sebelum peristiwa pengeboman, Emir Muhammad Sanusi II mengeluarkan pernyataan yang berisi himbauan kepada warga sipil Nigeria untuk turut mengangkat senjata melawan militan Boko Haram.

Related Posts.

Leave a Reply